FANATISME PENGGEMAR SEPAKBOLA DALAM FORUM KASKUS (ANALISIS WACANA FANATISME PADA FENOMENA FLAMING DALAM SPECTRE SOCCER ROOM MUSIM 2017/2018)

Benediktus Andre Setyawan, 071411531063 (2018) FANATISME PENGGEMAR SEPAKBOLA DALAM FORUM KASKUS (ANALISIS WACANA FANATISME PADA FENOMENA FLAMING DALAM SPECTRE SOCCER ROOM MUSIM 2017/2018). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.103 18 Set f.pdf

Download (207kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.103 18 Set f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.103 18 Set f.pdf

Download (333kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi yang secara kritis berupaya untuk melakukan telaah atas wacana fanatisme yang diartikulasikan melalui fenomena flaming dalam Spectre Soccer Room – Kaskus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana wacana fanatisme ditampilkan dalam bentuk pos sebuah forum daring. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian kualitatifeksploratif dengan mempergunakan Analisis Wacana Kritis/Critical Discourse Analysis (CDA) model Norman Fairclough sebagai pisau yang akan mengurai dimensi teks, praktek wacana, serta praktek sosio-kultural dalam utas Spectre Soccer Room. Lebih jauh lagi, peneliti berupaya mempertemukan beberapa konsep yang berada di sekitar teks yang saling terkait satu dengan yang lain. Beberapa di antaranya adalah konsep fandom, freedom of speech, serta keberadaan subkultur yang erat kaitannya dengan fanatisme suporter sepakbola dalam ranah daring. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena flaming dalam Spectre Soccer Room membentuk konstruksi realitas yang mendukung tatanan akan wacana fanatisme dalam bentuk yang sudah mapan sebelumnya. Fanatisme yang dituangkan dalam flaming sebagai bentuk komunikasi antar anggota hadir dalam wujud cacian, penggunaan kata-kata kasar, dan bahasa yang keras dalam forum. Fenomena tersebut menjadi cerminan akan apa yang dapat kita temui di kalangan suporter yang hadir di tepi lapangan pertandingan maupun melalui praktek-praktek wacana yang sudah ada. Pada akhirnya, wacana fanatisme yang dihadirkan dalam forum bernama Spectre Soccer Room tak hanya hadir sebagai ruang pertarungan dominasi antar penggemar sepakbola, namun juga menjadi penegas akan kemapanan wacana yang sudah ada, serta bisa dipandang sebagai sebuah komoditas yang kemudian turut menghidupi keberlangsungan forum itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.103/18 Set f
Uncontrolled Keywords: wacana fanatisme, flaming, sepakbola, penggemar, forum daring, internet
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Benediktus Andre Setyawan, 071411531063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 11:00
Last Modified: 09 Jan 2019 11:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item