ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd), DAN SENG (Zn) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI LEKOK PASURUAN DAN PANTAI MUNCAR BANYUWANGI

FIRDHA NUR ALMIRANI, 081411131011 (2018) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd), DAN SENG (Zn) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI LEKOK PASURUAN DAN PANTAI MUNCAR BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text (Fulltext)
ST TL 19 18 Alm a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat timbal (Pb), kadmium (Cd) dan seng (Zn) pada daging kerang darah (Anadara granosa L.) antara pantai Lekok dan pantai Muncar serta kelayakan kerang darah (Anadara granosa L.) di pantai Lekok dan pantai Muncar untuk dikonsumsi berdasarkan kandungan logam berat dalam dagingnya. Analisis data terdiri dua macam, yaitu analisis deskriptif yang disajikan dengan tabel dan grafik serta analisis statistik dengan uji Anova One-Way dilanjutkan uji Duncan pada α = 0,05. Hasil pada penelitian ini adalah kandungan logam berat Pb pada pantai Lekok dan Muncar adalah 0,50 ppm dan 0,10 ppm, kandungan logam berat Cd pada pantai Lekok dan Muncar adalah 0,41 ppm dan 0,27 ppm, kandungan logam berat Zn pada pantai Lekok dan Muncar adalah 11,27 ppm dan 10,01 ppm. Serta daging kerang darah (Anadara granosa L.) pada pantai Lekok tidak aman untuk dikonsumsi karena melebihi standar PTWI (Provisional Tolerable Weekly Intake) yang telah ditetapkan. Sedangkan pada pantai Muncar, daging kerang darah (Anadara granosa L.) masih layak untuk dikonsumsi karena tidak melebihi standar PTWI (Provisional Tolerable Weekly Intake) yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST TL 19/18 Alm a
Uncontrolled Keywords: Kadmium (Cd), kerang darah (Anadara granosa L.), PTWI (Provisional Tolerable Weekly Intake), Seng (Zn), Timbal (Pb).
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194-195 Environmental effects of industries and plants
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
FIRDHA NUR ALMIRANI, 081411131011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisnadi Widyaleksono C.P., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 10 Jan 2019 01:55
Last Modified: 10 Jan 2019 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item