ALIENASI DIRI REMAJA PADA KELUARGA BERKARIR

SAKTYAWAN DWIKI PAMUNGKAS, 111411131079 (2018) ALIENASI DIRI REMAJA PADA KELUARGA BERKARIR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (63kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang alenasi atau keterasingan yang dialami oleh remaja khususnya remaja dalam keluarga berkarir. Remaja memiliki faktor resiko yang tinggi terhadap alienasi. Alienasi yang terjadi pada remaja ini merupakan hasil dari pembentukan karakter dalam keluarga. Kondisi keluarga sangat menentukan bagaimana remaja tumbuh dan berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori dari Erich Fromm dengan teori lain sebagai pendukungnya. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Sedangkan untuk kredibilitas penelitian digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa alienasi diri remaja disebabkan oleh pembentukan karakter ketika berada dalam lingkungannya, terutama keluarga. Karakter keluarga mempengaruhi karakter individu. Alienasi yang dialami remaja dalam keluarga berkarir disebab tidak terpenuhinya kebutuhankebutuhan manusia seperti separatedness, transcendence, rootedness, sense of identity dan frame of orientation. Masing-masing remaja memiliki kesamaan dalam memenuhi kebuthan manusiawinya diatas, yakni cenderung dengan cara yang kurang sehat (destruktif) dimana cara tersebut dapat menghantarkan remaja mengalami alineasi. Alienasi yang dialami remaja sendiri memeiliki beragam bentuk yang berbeda antara remaja satu dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 201/18 Pam a
Uncontrolled Keywords: Alienation, teenager, career family, existence
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SAKTYAWAN DWIKI PAMUNGKAS, 111411131079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2019 01:48
Last Modified: 10 Jan 2019 01:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item