HYBRID SIMULATED ANNEALING (SA) DENGAN FIREFLY ALGORITHM (FA) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP)

ALFIA FANANY SUYONO, 081411231089 (2018) HYBRID SIMULATED ANNEALING (SA) DENGAN FIREFLY ALGORITHM (FA) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPM 116 18 Suy h.pdf

Download (100kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT MPM 116 18 Suy h.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) dengan menggunakan Hybrid Simulated Annealing (SA) dengan Firefly Algorithm (FA). Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) adalah suatu permasalahan penempatan fasilitas yang dibangun di sebuah lokasi untuk melayani seluruh konsumen dengan meminimalkan biaya pembangun dan biaya pelayanan dengan kapasitas pelayanan dari setiap fasilitas nilainya tidak terbatas. Hybrid Firefly Algorithm dengan Simulated Annealing adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara melakukan proses Firefly Algorithm yang hasil terburuknya diperbaiki dengan proses Simulated Annealing. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan populasi awal firefly, menghitung fungsi tujuan, menghitung intensitas cahaya, membandingkan intensitas cahaya tiap firefly, menentukan solusi terburuk Firefly Algorithm kemudian dilakukan modifikasi, hasil modifikasi dengan Simulated Annealing menggantikan solusi terburuk Firefly Algorithm kemudian ditentukan G-best, proses berlanjut sampai maksimal iterasi dipernuhi. Program Hybrid Simulated Annealing (SA) dengan Firefly Algorithm (FA) untuk menyelesaikan Uncapacitated Facility Location Problem dibuat dengan menggunakan Borland C++ yang diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil dengan 15 customer dan 10 lokasi serta data besar dengan 50 customer dan 50 lokasi. Dari hasil running program diperoleh total biaya minimum untuk data berukuran kecil yaitu 143757 dan untuk data berukuran besar yaitu 868096. Berdasarkan hasil running pada data kecil maupun besar tidak menunjukkan kecenderungan solusi yang lebih baik dari setiap parameter yang diubah ubah maka dapat disimpulkan bahwa parameter yang digunakan yaitu jumlah firefly, jumlah iterasi, dan α2 tidak berpengaruh pada solusi permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 116/18 Suy h
Uncontrolled Keywords: Simulated Annealing (SA), Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP), Firefly Algorithm (FA).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1 Mathematics (General)
Q Science > QA Mathematics > QA101-145 Elementary Mathematics, Arithmetic
Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
ALFIA FANANY SUYONO, 081411231089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerry Suprajitno, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:54
Last Modified: 10 Jan 2019 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item