TANDA VERBAL DAN TANDA NONVERBAL PADA IKLAN BIR ASAHI SUPER DRY

Ayu Puspita Nagari, 121113027 (2018) TANDA VERBAL DAN TANDA NONVERBAL PADA IKLAN BIR ASAHI SUPER DRY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FS J 44-18 Nag t - ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 44-18 Nag t - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (765kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan televisi dapat dibilang lebih unggul dari iklan-iklan jenis lain karena mampu menyampaikan pesan verbal dan nonverbal sekaligus ketika ditayangkan. Meski biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit untuk merealisasikannya, Asahi menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk unggulannya, bir Asahi Super Dry. Untuk mengkaji makna di balik tanda verbal dan tanda nonverbal pada iklan bir Asahi Super Dry, teori semiotika milik Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini. Teori ini berfokus untuk menganalisis makna secara dua tahap. Analisis tataran pertama untuk mencari makna denotasi, dan analisis tataran kedua untuk mencari makna konotasi. Metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pertama penulis mengidentifikasi tanda verbal dan tanda nonverbal yang muncul pada iklan, lalu menganalisis makna denotasi yang muncul dari tanda-tanda tersebut. Selanjutnya melalui makna denotasi, makna konotasinya diidentifikasi. Melalui analisis semiotika pada iklan bir Asahi Super Dry, dapat disimpulkan bahwa iklan ini mendeskripsikan keunggulan-keunggulan produk sebagai bukti dari kualitas tinggi yang dimiliki produk. Selain itu, terdapat pengulangan informasi dalam penyampaian narasi dan dialog yang dimaksud untuk menciptakan kesadaran akan produk pada pemirsanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J 44/18 Nag t
Uncontrolled Keywords: iklan, bir, denotasi, konotasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsEmail
Ayu Puspita Nagari, 121113027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorADIS KUSUMAWATI, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Jan 2019 05:45
Last Modified: 10 Jan 2019 05:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item