DENSITAS SEL SEKRETORI PADA DINDING TUBUH Colochirus quadrangularis DAN Acaudina rosettis YANG HIDUP DI SELAT MADURA

ILMA NIVIRA, 081411431004 (2018) DENSITAS SEL SEKRETORI PADA DINDING TUBUH Colochirus quadrangularis DAN Acaudina rosettis YANG HIDUP DI SELAT MADURA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB.42-18 Niv d ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB.42-18 Niv d SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan densitas dan bentuk granula serta tipe persebaran sel sekretori pada bagian-bagian dinding tubuh Colochirus quadrangularis dan Acaudina rosettis yang hidup di Selat Madura. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 spesimen Colochirus quadrangularis dan 5 spesimen Acaudina rosettis. Kedua spesimen digunakan karena mewakili teripang yang memiliki kaki tabung dan papila yaitu Colochirus quadrangularis dan yang tidak memiliki tabung dan papila yaitu Acaudina rosettis. Sampel teripang yang diperoleh dipotong dinding tubuhnya menjadi bagian ventral (anterior, median, posterior) dan bagian dorsal (anterior, median, posterior) kemudian difiksasi dengan neutral buffered formalin (NBF) dan kemudian dilakukan dekalsifikasi untuk melarutkan osikula dalam dinding tubuh teripang. Selanjutnya diproses untuk pembuatan sediaan histologi menggunakan metode parafin dan pewarnaan Periodic Acid Schiff (PAS) dan tebal irisan 8μm. Sel sekretori pada bagian epidermis teripang diamati dibawah mikroskop cahaya dengan perbesaran 1000x. Densitas sel sekretori dinyatakan dalam jumlah sel/100 μm panjang epidermis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa densitas sel sekretori pada bagian ventral-anterior pada Colochirus quadrangularis mencapai 31,82/100 μm hal tersebut dapat dikaitkan dengan adanya aktivitas yang lebih tinggi yaitu terdapat ampula pada kaki tabung yang membutuhkan banyak sel sekretori untuk membantu sistem pergerakan dan terdapat tentakel yang berfungsi untuk pengambilan nutrisi. Densitas sel sekretori pada Acaudina rosettis menunjukkan hasil 16,09/100 μm, tingginya densitas sel sekretori pada bagian ventral-anterior karena adanya tentakel yang berfungsi untuk pengambilan nutrisi. Dari hasil menunjukkan bahwa densitas sel sekretori pada Colochirus quadrangularis lebih tinggi daripada Acaudina rosettis karena adanya perbedaan morfologi yaitu adanya kaki tabung dan papila pada Colochirus quadrangularis. Tipe persebaran sel sekretori terdapat dua tipe yaitu individual dan dalam bentuk agregat. Bentuk granula sel sekretori yaitu oval. Ukuran granula sel sekretori pada Colochirus quadrangularis yaitu 3,57 ± 0,71 μm dan ukuran granula sel sekretori pada Acaudina rosettis yaitu 2,40 ± 0,50 μm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.42/18 Niv d
Uncontrolled Keywords: Density, Secretory cell, Colochirus quadrangularis, Acaudina rosettis, Periodic Acid Schiff (PAS), Madura Strait, Sea cucumber.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ILMA NIVIRA, 081411431004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDwi Winarni, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorM. Hilman Fu’adil Amin, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:19
Last Modified: 10 Jan 2019 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78277
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item