PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PRODUKSI UDANG BEKU DI PT. TOXINDO PRIMA CILACAP JAWA TENGAH

MEGA SANDI TRESNI LESTARI, 141511233038 (2018) PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PRODUKSI UDANG BEKU DI PT. TOXINDO PRIMA CILACAP JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL PK BP 02 - 19 Les p-Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL PK BP 02 - 19 Les p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan bahan pangan yang bernilai tinggi, karena sangat disukai masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Permintaan pasar semakin meningkat, sehingga perlu penanganan yang sesuai untuk memenuhi permintaan pasar, mengingat udang memiliki sifat yang sama dengan ikan yaitu perishable food yaitu mudah mengalami kerusakan dan kemunduran mutu. Kemunduran mutu dapat disebabkan oleh kegiatan enzimatis dan mikrobiologi yang berakibat pada menurunnya mutu produk secara berkala. Kemunduran mutu dapat diatasi dengan metode pengawetan yang dilakukan, salah satunya dengan proses pembekuan dengan prosedur penanganan yang baik dan benar dengan menerapkan sanitasi dan higiene pada tiap proses. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Toxindo Prima, terletak di jalan Lingkar Timur no.05 Rt.04/Rw.02 Desa Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Tanggal 18 Desember – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Beberapa prinsip penerapan Sanitasi dan Higiene di PT. Toxindo Prima, Cilacap sudah diterapkan dan berjalan dengan baik, namun ada beberapa hal yang masih belum terlalu diperhatikan diantaranya terdapat beberapa pegawai yang tidak mengikuti prosedur yang baik dan benar dalam penerapan Sanitasi dan Higiene yang diterapkan oleh pihak perusahaan, sehingga hal tersebut dapat memicu adanya kontaminan yang dapat menyebabkan kontaminasi pada produk, dan menurunkan kualitas produk yang akan diterima oleh konsumen.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL BP 02/ 19 Les p
Uncontrolled Keywords: Freeze Shrimp Production ; PT. Toxindo Prima, Cilacap Central Java.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
MEGA SANDI TRESNI LESTARI, 141511233038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch. Amin Alamsjah, Prof. , Ir., M .Si.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:22
Last Modified: 10 Jan 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78280
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item