PENGARUH VARIASI DOSIS BIOFERTILIZER DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) PADA POLYBAG

ERLINA, 081411431016 (2018) PENGARUH VARIASI DOSIS BIOFERTILIZER DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) PADA POLYBAG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB.43-18 Erl p ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB.43-18 Erl p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis biofertilizer, media tanam serta kombinasi keduanya terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung (Solanum melongena L.) pada polybag, dan nilai RAE (Relative Agronomic Effectiveness). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan faktorial 4x3, dengan pengulangan sebanyak tiga kali dan masing-masing ulangan terdiri dari 2 tanaman. Faktor perlakuan pertama adalah variasi dosis biofertilizer yang terdiri dari dosis 0 mL/tanaman, 5 mL/tanaman, 10 mL/tanaman dan 15 mL/tanaman. Faktor perlakuan kedua adalah media tanam dengan perbandingan tanah dan kompos yaitu 1:0,1:1 dan 1:2. Selain itu, terdapat perlakuan kontrol positif dengan pemberian pupuk kimia. Data pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji ANOVA dua arah dan uji non parametrik dengan Brown Forsythe atau Kruskal Wallis dengan derajat signifikasi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dosis biofertilizer, media tanam dan kombinasi keduanya berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung pada parameter tinggi tanaman (cm/tanaman), panjang akar (cm/tanaman), biomassa akar (g/tanaman), jumlah buah (buah/tanaman), berat buah (g/tanaman) kecuali pada biomassa batang dan daun (g/tanaman) tidak berpengaruh nyata. Variasi dosis biofertilizer pada perlakuan B2 (10 mL/tanaman), media tanam dengan perbandingan tanah dan kompos 1:2 (M3) serta kombinasi keduanya pada perlakuan B2M3 memberikan hasil tertinggi pada pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung pada parameter tinggi tanaman (cm/tanaman), biomassa batang dan daun (g/tanaman), panjang akar (cm/tanaman), biomassa akar (g/tanaman), jumlah buah (buah/tanaman) dan berat buah (g/tanaman). Nilai RAE tertinggi pada perlakuan B2M3 dengan nilai sebesar 290,2 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.43/18 Erl p
Uncontrolled Keywords: Biofertilizer, Planting medium, Growth, Productivity, Solanum melongena L.
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ERLINA, 081411431016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Dr., Ir., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorTri Nurhariyati, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:31
Last Modified: 10 Jan 2019 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item