MANAJEMEN PENDEDERAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus) PADA KOLAM BETON DI CV JAYA UTAMA ABADI, SITUBONDO - JAWA TIMUR

LINTANG OKDITYAKA, 141511133014 (2018) MANAJEMEN PENDEDERAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus) PADA KOLAM BETON DI CV JAYA UTAMA ABADI, SITUBONDO - JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL PK BP 255-18 Okd m-Abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL PK BP 255-18 Okd m.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu cantang (Epinephelus sp.) merupakan salah satu ikan laut bersirip yang juga merupakan ikan ekonomis penting yang banyak di ekspor dan populer pada Asia Tenggara. Besarnya resiko dalam pembenihan kerapu, dan juga minimnya keuntungan dalam pembesaran di keramba jaring apung, pendederan kerapu cantang membuka peluang sebagai mata rantai usaha karena menghasilkan uang dengan cepat dan waktu yang pendek. Kegiatan pendederan juga dapat menunjang keberhasilan kegiatan pembesaran di keramba jaring apung. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari manajemen budidaya pendederan kerapu cantang pada kolam beton, faktor-faktor yang perlu diperhatikan dan hambatan yang muncul dalam proses pendederan kerapu cantang, menganalisis usaha, permodalan usaha. Kegiatan ini dilaksanakan di CV. JAYA UTAMA ABADI yang berlokasi di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, mulai tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode yang digunakan dalam praktek kerja lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka. Pendederan benih ikan kerapu cantang bertujuan untuk mendapatkan benih ikan dengan ukuran seragam dan memiliki ketahanan tubuh yang baik sebelum dibudidayakan di kolam pembesaran atau keramba jaring apung. Kegiatan pemeliharaan benih ikan kerapu cantang diberi pakan pellet dengan campuran probiotik dan juga menjaga kualitas air yang optimum untuk pertumbuhan benih ikan. Sumber air yang digunakan untuk kegiatan pendederan kerapu cantang di CV. JAYA UTAMA ABADI berasal dari perairan Laut Jawa yang disedot dengan pompa dan melalui proses filtrasi. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam kegiatan budidaya kerapu cantang adalah kualitas air dan ketersediaan pakan serta penanggulangan hama dan penyakit. Permasalahan dan hambatan yang muncul dalam kegiatan pendederan benih ikan kerapu cantang adalah kurangnya ketersediaan pakan buatan yang terbatas dengan harga yang cukup mahal dan mengakibatkan hasil panen kerapu cantang dengan ukuran tidak seragam, munculnya penyakit yang mengakibatkan benih ikan megalami kematian.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 255/ 18 Okd m
Uncontrolled Keywords: Nursery Management ; Cantang Grouper (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus); Concrete Pond ; CV Jaya Utama Abadi, Situbondo – East Java.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
LINTANG OKDITYAKA, 141511133014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, Prof. , Ir., M .Si.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:33
Last Modified: 10 Jan 2019 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78285
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item