ANALISIS KESTABILAN DAN KONTROL OPTIMAL MODEL MATEMATIKA DAMPAK PEMANASAN GLOBAL TERHADAP PENCAIRAN ES DI KUTUB

E. Andry Dwi Kurniawan, 081411231080 (2018) ANALISIS KESTABILAN DAN KONTROL OPTIMAL MODEL MATEMATIKA DAMPAK PEMANASAN GLOBAL TERHADAP PENCAIRAN ES DI KUTUB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak MPM 121 18 Kur a.pdf

Download (158kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLETXT MPM 121 18 Kur a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2020.

Download (782kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencairan es di kutub mengalami peningkatan sebagai respon terhadap pemanasan global sejak beberapa dekade terakhir dan berpotensi mempengaruhi perubahan iklim dan ekosistem global. Penggerak utama ancaman pemanasan global tersebut adalah peningkatan konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) yang memerangkap panas di atmosfer. Dengan demikian, untuk mempelajari pengaruh dinamika konsentrasi gas karbon dioksida pada peningkatan ancaman pemanasan global dan pengaruhnya terhadap pencairan es di kutub maka dapat diformulasikan ke dalam bentuk model matematika. Skripsi ini bertujuan untuk menganalis kestabilan titik setimbang dari model matematika dampak pemanasan global terhadap pencairan es di kutub serta penerapan kontrol optimal berupa pilihan teknologi bersih dan upaya reforestation. Berdasarkan analisis model tanpa kontrol diperoleh tiga titik setimbang, yaitu titik setimbang human and forest absence, titik setimbang forest absence, dan titik setimbang co-existence yang ketiganya bersifat stabil asimtotis bersyarat. Selanjutnya, eksistensi dari kedua variabel kontrol optimal ditentukan melalui Prinsip Maksimum Pontryagin. Hasil simulasi numerik menunjukkan bahwa pemberian kontrol berupa pilihan teknologi bersih dan reforestation yang dilakukan secara bersamaan memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan konsentrasi emisi gas karbon dioksida dan tingkat pencairan es di kutub dengan biaya yang minimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 121/18 Kur a
Uncontrolled Keywords: Model matematika, Pemanasan global, Karbon dioksida, Titik setimbang, Kestabilan, Kontrol optimal.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
E. Andry Dwi Kurniawan, 081411231080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatmawati, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:49
Last Modified: 10 Jan 2019 06:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item