PENERAPAN KALENDER DM BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA DSME (DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KADAR HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2

KOMANG AGUS JERRY WIDYANATA, NIM. 131614153020 (2018) PENERAPAN KALENDER DM BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA DSME (DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KADAR HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 86_18 Wid p ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 86_18 Wid p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: angka kematian akibat Diabetes mellitus (DM) tiap tahun masih banyak dan cenderung meningkat, hal ini dikarenakan masih kurangnya manajemen diri pasien dengan diabetes melitus. Diperlukan edukasi yang terstruktur dengan media yang tepat untuk membantu pasien DM dalam melakukan perawatan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan seberapa besar pengaruh kalender DM berbasis aplikasi android sebagai media DSME (Diabetes Self Management Education) terhadap self efficacy dan kadar HbA1c pada pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu experiment dengan pre-post test control group design. Simple random sampling merupakan teknik sampling yang digunakan, dengan jumlah sampel 30 responden. Instrumen yang dibunakan adalah Diabetes management self-efficacy scale (DMSES) dan SPO pengambilan sampel darah. Uji statistic menggunakan paired t test, Wilcoxon dan independent t test. Hasil: Hasil uji statistic menunjukkan bahwa DSME dengan media kalender DM berbasis android berpengaruh terhadap peningkatan self efficacy (p=0,000) dan menurunkan nilai HbA1c (p=0,005) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Diskusi: Kalender DM berbasis android memberikan umpan balik positif dan mendorong orang untuk setiap hari melakukan program nutrisi, aktivitas dan kontrol gula darah secara rutin. Edukasi dengan media elektronik ini telahmeningkatkan persepsi self efficacy dan meningkatkan perilaku manajemen diri yang baik yang dapat diihat dari perubahan nilai HbA1c yang cenderung ke arah terkontrol. Saran: Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam memberikan intervensi edukasi pasien DM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 86/18 Wid p
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, DSME, Aplikasi android, Kalender DM, Self efficacy, HbA1c
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
KOMANG AGUS JERRY WIDYANATA, NIM. 131614153020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Kusnanto, Dr., S.Kep., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantSuprajitno, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:35
Last Modified: 10 Jan 2019 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item