PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PERUSAHAAN PENYEDIA TENAGA KERJA DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN (STUDI KASUS : PT. MAHAKARYA SENTOSA)

Andhini Dita Putri, 081411631010 (2018) PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PERUSAHAAN PENYEDIA TENAGA KERJA DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN (STUDI KASUS : PT. MAHAKARYA SENTOSA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.SI 49 18 Put p.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT ST.SI 49 18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Mahakarya Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia tenaga kerja. Kendala pada ruang lingkup proses bisnis seperti proses perekrutan tenaga kerja, permintaan tenaga kerja, pengiriman tenaga kerja, pembayaran tenaga kerja serta evaluasi tenaga kerja membuat penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, arsitektur enterprise dibutuhkan dalam strategi implementasi sistem informasi yang terintegrasi proses bisnis perusahaan. Metode yang digunakan yaitu metode Enterprise Architecture Planning (EAP) yang disesuaikan dengan kerangka kerja Zachman. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan cetak biru sebagai landasan pengembangan sistem informasi serta melakukan pengujian terhadap kualitas arsitektur enterprise yang Penelitian ini dilakukan melalui delapan tahapan. Tahap pertama yaitu studi literatur EAP dan kerangka kerja Zachman. Tahap kedua yaitu pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung dan wawancara dengan karyawan PT. Mahakarya Sentosa. Tahap ketiga yaitu inisialisasi perencanaan dengan cara menentukan ruang lingkup EAP dan inisialisai visi misi perusahaan. Tahap keempat yaitu menjelaskan kondisi perusahaan saat ini. Tahap kelima yaitu perencanaan arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi. Tahapan keenam yaitu analisis gap pada arsitektur yang direncanakan. Tahap ketujuh yaitu rencana implementasi hasil perencanaan arsitektur. Tahap terakhir yaitu pengujian kualitas arsitektur yang diusulkan menggunakan EA score card. Hasil penelitian ini berupa cetak biru yang dapat digunakan untuk implementasi pengembangan sistem informasi serta hasil pengujian kualitas arsitektur yang diusulkan. Hasil pengujian kualitas arsitektur bernilai 81,43% yang menandakan arsitektur enterprise dapat dipertimbangkan untuk implementasi jangka panjang oleh PT. Mahakarya Sentosa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 49/18 Put p
Uncontrolled Keywords: EAP, Kerangka Kerja Zachman, PT. Mahakarya Sentosa, EA Score Card.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.M35 Computer science -- Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Andhini Dita Putri, 081411631010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S. Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:50
Last Modified: 10 Jan 2019 07:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item