EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DAN EMPOWERMENT EDUCATION TERHADAP EFIKASI DIRI, KOMITMEN DAN KUALITAS HIDUP PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA

Diana Pefbrianti, NIM : 131614153014 (2018) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DAN EMPOWERMENT EDUCATION TERHADAP EFIKASI DIRI, KOMITMEN DAN KUALITAS HIDUP PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 88_18 Pef e ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 88_18 Pef e.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak menyerang perempuan, Angka mortalitas dan morbiditas terus meningkat, kasus kanker payudara ditemukan menjadi lebih parah dan menyebabkan kematian. Peer education dan empowerment education diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan efikasi diri, komitmen dan kualitas hidup penderita kanker payudara sehingga pasien memiliki semangat untuk meningkatkan kesehatnanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas peer education dan empowerment education terhadap efikasi diri, komitmen dan kualitas hidup pada penderita kanker payudara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain pre and post control group. Sebanyak 54 responden. Penelitian dilakukan di POSA RSUD Dr. Soetomo Surabaya dibagi menjadi 18 responden untuk kelompok peer education, 18 responden untuk kelompok empowerment education dan 18 untuk kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu peer education dan empowerment education sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah efikasi diri, komitmen, dan kualitas hidup. Data diambil dengan kuesioner dan dianalisis dengan independent t test dan manova. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh peer education terhadap efikasi diri, dan kualitas hidup. Tidak ada pengaruh empowerment education terhadap efikasi diri, komitmen dan kualitas hidup. Diskusi: peer education dan empowerment education tidak meningkatkan efikasi diri, komitmen dan kualitas hidup pada penderita kanker payudara. Hal ini berkaitan dengan pengalaman pasien dalam pengobatan dan sering terpapar informasi yang sama selama 1-5 tahun. Peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat melakukan penelitian serupa dengan menambahkan family empowerment untuk lebih melibatkan keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 88/18 Pef e
Uncontrolled Keywords: peer, education, empowerment, efikasi-diri, komitmen, kualitas hidup.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Diana Pefbrianti, NIM : 131614153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantDesak Gede Agung Suprabawati, Dr., dr., Sp.B.(K)OnkUNSPECIFIED
ConsultantEsty Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:58
Last Modified: 10 Jan 2019 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item