PEMANFAATAN SENSOR LOAD CELL PADA SEPATU SEBAGAI ALAT BANTU ANALISIS SIKLUS GAIT BERBASIS ARDUINO

CLAUDIA LITANIA, 081411733016 (2018) PEMANFAATAN SENSOR LOAD CELL PADA SEPATU SEBAGAI ALAT BANTU ANALISIS SIKLUS GAIT BERBASIS ARDUINO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.T 59 18 Lit p.pdf

Download (29kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT ST.T 59 18 Lit p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis siklus gait merupakan suatu bidang studi spesifik yang meninjau dan menganalisis pergerakan kaki manusia dalam proses berjalan. Kelainan dan patologis yang berhubungan dengan muskoloskeletal, kelainan kinerja sendi, maupun kelainan lain dapat mengakibatkan abnormalitas pada siklus gait seseorang. Pengukuran siklus gait seseorang dapat didasarkan pada tekanan seluruh tubuh pada ujung telapak kaki yang biasa disebut dengan Ground Reaction Force Vertikal. Selama ini, Ground Reaction Force Vertikal biasanya diukur menggunakan sensor tekan Force Plate yang ditanamkan pada lantai di Rumah Sakit di Indonesia. Penelitian kali ini, memfokuskan pada penggunaan 4 buah sensor Load Cell half bridge yang biasanya digunakan untuk mengukur berat badan manusia dengan menggabungkannya dengan HX711 yang merupakan amplifier dan Arduino UNO sebagai pencacah data. Hasil sadapan dari sensor Load Cell yang diterima oleh Arduino diproses menggunakan Python yang kemudian diperhalus dengan menggunakan Moving average. Hasil nornalisasi kemudian dibandingkan dengan hasil normalisasi dari uji Force Plate di Rumah Sakit. Tingkat keberhasilan yang dicapai oleh penelitian kali ini rata-rata sebesar 84,92% setelah dilakukan pengujian terhadap 6 naracoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T 59/18 Lit p
Uncontrolled Keywords: siklus gait, sensor Load Cell, Ground Reaction Force vertikal, analisis dan rehabilitasi
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
CLAUDIA LITANIA, 081411733016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPujiyanto, Drs.M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 10 Jan 2019 08:55
Last Modified: 10 Jan 2019 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item