PENGARUH PEMBERIAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP TOTAL BAKTERI Pseudomonas aeruginosa PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

SEPTIA RAHMADINI, 141411131090 (2018) PENGARUH PEMBERIAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP TOTAL BAKTERI Pseudomonas aeruginosa PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP 92-18 RAH P - ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 92-18 RAH P.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (741kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bakteri Pseudomonas aeruginosa merupakan salah satu bakteri patogen yang dapat ditemukan pada saluran pencernaan ikan dan dapat mempengaruhi budidaya. Penyakit bakterial pada ikan dapat diatasi dengan pemberian antibiotik, namun menimbulkan dampak negatif. Penggunaan asap cair tempurung kelapa dalam ransum sangat dibutuhkan untuk menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan, asap cair tempurung kelapa mengandung senyawa seperti fenol dan asam yang dapat digunakan sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan konsentrasi yang terbaik pemberian asap cair tempurung kelapa pada pakan komersial terhadap penurunan bakteri Pseudomonas aeruginosa pada saluran pencernaan ikan nila. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap terdiri dari lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah ikan nila diinfeksi Pseudomonas aeruginosa dengan konsentrasi asap cair yang dicampur dalam pakan 1%, 1,5%, 2% dan perlakuan kontrol dengan pemberian pakan komersil K1 (tanpa infeksi P.aeruginosa) dan K2 (diinfeksi P.aeruginosa). Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dan dilanjutkan dengan Uji jarak Berganda Duncan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian total bakteri Pseudomonas aeruginosa pada saluran pencernaan ikan nila berpengaruh (P<0,05) terhadap penurunan total bakteri Pseudomonas aeruginosa pada saluran pencernaan ikan nila. Penggunaan asap cair tempurung kelapa dalam pakan yang paling efektif untuk menurunkan bakteri Pseudomonas aeruginosa pada saluran pencernaan ikan nila (Oreochromis niloticus) pada perlakuan dengan konsentrasi 1,5% yaitu 2,11 x 105 CFU/g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 92/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: ASAP CAIR, TEMPURUNG KELAPA, BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
SEPTIA RAHMADINI, 141411131090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Subekti, Prof. Dr. Hj., drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 10 Jan 2019 09:59
Last Modified: 10 Jan 2019 09:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item