PENGARUH PEMBERIAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP TOTAL BAKTERI Pseudomonas aeruginosa PADA ORGAN GINJAL IKAN NILA (Orechromis niloticus)

MUTIARA RAHMAWATI, 141411133038 (2018) PENGARUH PEMBERIAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP TOTAL BAKTERI Pseudomonas aeruginosa PADA ORGAN GINJAL IKAN NILA (Orechromis niloticus). Skripsi thesis, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP 93-18 RAH P - ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 93-18 RAH P.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (845kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) memiliki prospek untuk dikembangkan dengan nilai ekonomis tinggi. Permintaan ikan nila yang semakin tinggi mengakibatkan pembudidaya menerapkan sistem budidaya intensif. Penggunaan sistem budidaya ikan secara intensif maka semakin tinggi pula prevalensi infeksi terhadap bakteri. Salah satu bakteri yang dapat menyerang ikan nila adalah Pseudomonas aeruginosa. Salah satu upaya untuk pencegahan penyakit bakterial yang tidak menimbulkan dampak negatif pada ikan, lingkungan, maupun konsumen yaitu penggunaan bahan alami seperti pemanfaatan tempurung kelapa yang telah diolah menjadi asap cair. Asap cair tempurung kelapa memiliki senyawa bioaktif seperti fenol, karbonil dan asam organik yang berfungsi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan konsentrasi yang efektif dari pemberian asap cair tempurung kelapa dalam pakan komersial terhadap penurunan total Pseudomonas aeruginosa pada organ ginjal ikan nila. Penelitian dilakukan di Laboratorium Anatomi dan Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah K1 sebagai kontrol negatif, K2 sebagai kontrol positif, P1 Asap Cair Tempurung Kelap 1 %, P2 1,5% dan P3 2%. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Perbedaan antar perlakuan dianalisis menggunakan jarak berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh pemberian asap cair dalam pakan komersial selama 21 hari pemeliharaan dapat memberikan pengaruh terhadap total Pseudomonas aeroginasa pada organ ginjal ikan nila. Konsentrasi 1,5% dalam pakan komersial merupakan konsentrasi yang efektif untuk penurunan total Pseudomonas aeroginasa pada organ ginjal ikan nila. Nilai Total Plate Count (TPC) pada konsentarsi 1,5% adalah 1,80 x 104 CFU/g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 93/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: ASAP CAIR, TEMPURUNG KELAPA, BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA RAHMAWATI, 141411133038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Subekti, Prof. Dr. Hj., drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 10 Jan 2019 10:12
Last Modified: 28 Jun 2019 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item