KOMPOSIT SELULOSA BAKTERI – KOLAGEN – GLISEROL SEBAGAI INOVASI KANDIDAT DURAMATER ARTIFISIAL BAGI SOLUSI KASUS TRAUMA KEPALA TERBUKA

ANNISAA WAHYU ALIFIANY, 081411731013 (2018) KOMPOSIT SELULOSA BAKTERI – KOLAGEN – GLISEROL SEBAGAI INOVASI KANDIDAT DURAMATER ARTIFISIAL BAGI SOLUSI KASUS TRAUMA KEPALA TERBUKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST T 41_18 Ali k Abstrak.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST T 41_18 Ali k.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera kepala merupakan salah satu penyebab kematian dan kecacatan utama pada usia produktif. Menurut World Health Organization (WHO) mencatat bahwa 90% penyebab cedera kepala di Indonesia disebabkan karena kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan robeknya lapisan duramater di kepala dan akan berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposit pengganti lapisan duramater kepala buatan yang bersifat kompatibel. Dalam penelitian ini, duramater artifisial berasal dari selulosa bakteri Acetobacter xylinum yang disintesis pada media air kelapa. Pada penelitian ini digunakan 4 variasi komposisi yaitu Selulosa bakteri (Kontrol), Selulosa bakteri – Gliserol, Selulosa bakteri – Kolagen dan Selulosa bakteri – Kolagen – Gliserol. Karakterisasi gugus fungai (FTIR), kekuatan tarik, swelling dan MTT Assay dilakukan dalam penelitian ini. Karakterisasi gugus fungsi menunjukkan adanya gugus fungsi ciri khas dari selulosa bakteri, kolagen dan gliserol. Hasil karakterisasi kuat tarik menunjukkan bahwa dari keempat variasi komposisi sampel memiliki rata-rata nilai UTS dan Elongasi yang mendekati nilai standar dari duramater artifisial. Pada uji swelling didapatkan hasil terbaik pada komposisi sampel Selulosa bakteri – Kolagen – Gliserol dengan nilai swelling sebesar 28,30%, hasil tersebut tidak melebihi batas rasio swelling dari membran yaitu 70%. Untuk uji MTT Assay didapatkan presentase sel hidup dari setiap sampel di atas 50%, yang berarti material yang dihasilkan tidak toksik apabila diaplikasikan ke tubuh. Komposit Selulosa Bakteri – Kolagen berpotensi sebagai kandidat duramater artifisial berdasarkan karakterisasi gugus fungsi, kuat tarik, swelling, dan MTT Assay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.41/18 Ali k
Uncontrolled Keywords: Duramater artifisial, Selulosa bakteri, Kolagen, Gliserol
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R856-857 Biomedical engineering. Electronics. Instrumentation
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
ANNISAA WAHYU ALIFIANY, 081411731013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorADRI SUPARDI, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorPRIHARTINI WIDIYANTI, Dr.drg.M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 10 Jan 2019 10:20
Last Modified: 10 Jan 2019 10:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item