TERAPI AKUPUNKTUR PADA NYERI LUTUT (SINDROMA BI) DENGAN TITIK DUBI, ZUSANLI, YINLINGQUAN, YANGLINGQUAN SERTA PEMBERIAN HERBAL KUNYIT (Curcuma domestica)

NUGRAH NUR ALIFAH, 151510413002 (2018) TERAPI AKUPUNKTUR PADA NYERI LUTUT (SINDROMA BI) DENGAN TITIK DUBI, ZUSANLI, YINLINGQUAN, YANGLINGQUAN SERTA PEMBERIAN HERBAL KUNYIT (Curcuma domestica). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.TA.PT. 22 -18 Ali t Abstrak.pdf

Download (186kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri merupakan pengalaman sensori dan emosional yang tidak menyenangkan sebagai akibat dari kerusakan jaringan yang aktual dan potensial, yang menyakitkan tubuh serta diungkapkan oleh individu yang mengalaminya. Ketika suatu jaringan mengalami cedera, atau kerusakan mengakibatkan dilepasnya bahan – bahan yang dapat menstimulus reseptor nyeri seperti serotonin, histamin, ion kalium, bradikinin, prostaglandin, dan substansi P yang akan mengakibatkan respon nyeri (Kozier dkk, 2009). Secara teori akupunktur, rheumatoid arthritis di kenal sebagai “Pi Jen” atau “sindroma tertutup” akibat terjadinya hambatan aliran Qi Sie karena serangan angin, dingin dan lembab pada meridian dan cabang-cabang yang mengalami kelemahan Qi. Berdasarkan analisa secara tradisional yang telah dilakukan, dapat disimpulakn bahwa pasien mengalami sindrom Bi yang disebabkan oleh angin dingin dan lembab. Perawatan yang diakukan merupakan kombinasi terapi akupunktur dan herbal. Terapi akupunktur dilakukan pada titik Dubi (ST35), Zusanli (ST36), Yanglingquan(GB34) dan Yinlingquan (SP9) diberikan selama 28 hari yang terdiri dari 4 tahap dengan interval terapi sebanyak 3 kali dalam 7 hari. Terap herbal yang diberikan berupa dekokta kunyit (Curcuma domestica) yang diberikan setiap hari selama 28 hari. Kombinasi terapi akupunkutur pada titik Dubi (ST35), Zusanli (ST36), Yanglingquan(GB34) dan Yinlingquan (SP9) dan terapi herbal dekokta kunyit (Curcuma domestica) dapat mengurangi skala nyeri lutut. Skala nyeri lutut turun dari 6 menjadi 3 dan keluhan lainnya hilang setelah 28 hari perawatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TA.PT. 22 -18 Ali t (TLP)
Uncontrolled Keywords: TERAPI AKUPUNKTUR, NYERI LUTUT (SINDROMA BI), TITIK DUBI, ZUSANLI, YINLINGQUAN, YANGLINGQUAN. HERBAL KUNYIT (Curcuma domestica)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
NUGRAH NUR ALIFAH, 151510413002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr.,IrUNSPECIFIED
Thesis advisorMangestuti Agil, Prof. Dr., Apt., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:30
Last Modified: 24 May 2021 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item