PENGARUH GAYA BELAJAR, LAMA WAKTU BELAJAR, DAN MITRA BELAJAR TERHADAP NILAI UJIAN UTAMA MATA KULIAH ILMU KESEHATAN ANAK PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

Candra Dwantara Ramadhan, NIM011411131037 (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR, LAMA WAKTU BELAJAR, DAN MITRA BELAJAR TERHADAP NILAI UJIAN UTAMA MATA KULIAH ILMU KESEHATAN ANAK PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Fakultas Kedokteran.

[img] Text (ABSTRAK)
FK.PD.225-18 Ram p abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.225-18 Ram p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia pendidikan di sekolah. Penentuan keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah banyak melibatkan beberapa faktor atau komponen yang mendukung. Keberhasilan tersebut dapat diukur melalui kegiatan evaluasi belajar maupun ujian yang merupakan salah satu faktor penentu prestasi belajar siswa (Widyaningtyas et al., 2013). Pediatri atau Ilmu Kesehatan Anak ialah spesialisasi ilmu kedokteran yang berkaitan dengan bayi dan anak. Terdapat beberapa materi yang perlu dihafal meliputi 14 bab yang di dalamnya terdapat total 48 topik dengan bobot 4 sistem kredit semester (sks). Berdasarkan data dokumentasi, didapatkan dari 197 mahasiswa yang mengikuti ujian mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak pada tahun 2017, sebanyak 126 mahasiswa (63,9 %) di antaranya mengikuti ujian perbaikan, sedangkan 71 mahasiswa lainnya (29,6 %) tidak mengikuti ujian perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, lama waktu belajar, dan mitra belajar terhadap nilai ujian utama ilmu kesehatan anak. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 program studi S1 Pendidikan Dokter pada tahun 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Data yang diperoleh akan dilakukan analisis untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara variabel dependen dan variabel independen dengan uji chi-square. Dari hasil uji statistik, gaya belajar tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai ujian utama ilmu kesehatan anak. Sedangkan lama waktu belajar, dan mitra belajar, ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai ujian utama ilmu kesehatan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.225-18 Ram p
Uncontrolled Keywords: LEARNING STYLES, LENGTH OF STUDY TIME, LEARNING PARTNERS.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Candra Dwantara Ramadhan, NIM011411131037NIM011411131037
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNancy Margarita Rehatta, Prof. Dr., dr., Sp.An.KIC., KNA., KMN.UNSPECIFIED
Thesis advisorMaftuchah Rochmanti, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 11 Jan 2019 04:02
Last Modified: 14 Jan 2019 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item