DESAIN DAN IMPLEMENTASI DIGITAL FILTER IIR ORDE SATU DAN ORDE DUA PADA PERANGKAT ELEKTROKARDIOGRAF BERBASIS MIKROKONTROLLER NUVOTON ARM CORTEX M0

AHMAD NURIANTO, 081411731025 (2018) DESAIN DAN IMPLEMENTASI DIGITAL FILTER IIR ORDE SATU DAN ORDE DUA PADA PERANGKAT ELEKTROKARDIOGRAF BERBASIS MIKROKONTROLLER NUVOTON ARM CORTEX M0. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST T 51_18 Nur d Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST T 51_18 Nur d.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Elektrokardiograf merupakan instrumen yang digunakan untuk menyadap sinyal biopotensial listrik jantung. Permasalahan yang sering terjadi ketika penyadapan sinyal elektrokardiograf adalah bercampurnya sinyal biopotensial jantung dengan noise. Noise merupakan sinyal diluar dari sinyal utama. Salah satu cara yang dilakukan untuk menghilangkan noise adalah dengan melakukan denoising atau filter. Salah satu metode yang digunakan dalam denoising adalah dengan filter digital dengan metode Infinite Impulse Response (IIR) serta metode Bilinear Z Transform (BZT) untuk Menentukan koefisien dari filter. Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengimplementasikan filter IIR ode satu dan dua berbasis Nuvoton untuk menghilangkan noise pada sinyal elektrokardiogram, serta Membandingkan kinerja dari variasi orde filter tersebut. Penyusunan koefisien menggunakan metode Bilinear Z Transform (BZT) untuk masing masing orde kemudian diimplementasikan ke dalam coding dalam mikrokontroller Nuvoton untuk selanjutnya dilakukan filter sinyal. Perangkat yang digunakan dalam Penelitian kali ini adalah Personal Computer (PC), Mikrokontroller Nuvoton, serta ECG Shiled Olimex. Pengujian pada penelitian kali ini yaitu membandingkan magnitude antara filter orde satu dan orde dua baik untuk notch filter maupun bandpass filter dengan melihat spektrum amplitudo dalam domain frekuensi menggunakan metode Fast Fourier Transform (FFT). Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa filter dengan orde dua mampu meredam noise sebesar 57.58 dB, sedangkan untuk orde satu hanya 17.26 dB pada notch filter, serta hasil dari SNR juga menunjukkan kemampuan filter dengan orde dua jauh lebih baik dalam meredam noise, yaitu sebesar 7.9639. Pada bandpass filter, kinerja filter mampu meredam noise diluar range frekuensi sebesar 4.031dB untuk orde dua dan 2.661 dB untuk orde satu. Selain itu hasil dari SNR untuk orde dua menunjukkan kemampuan untuk meredam noise yang lebih baik yaitu sebesar 14.0422 dB. Hasil dari membandingkan bentuk morfologi sinyal keluaran elektrokardiograf standar dengan hasil keluaran Nuvoton didapatkan hasil yang mirip dengan hasil elektrokardiograf standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T 51/18 Nur d
Uncontrolled Keywords: Elektrokardiograf, IIR, BZT, noise, FFT
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R856-857 Biomedical engineering. Electronics. Instrumentation
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD NURIANTO, 081411731025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKHUSNUL AIN, Dr., S.T. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAKIF RAHMATILLAH, S.T.,M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:25
Last Modified: 11 Jan 2019 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item