PENGARUH VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

FITRI KURNIA FIRDAYANTI, 081411431032 (2018) PENGARUH VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan frekuensi pemberian biofertilizer terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung (Zea mays L.) serta nilai RAE (Relative Agronomic Efectiveness). Parameter pertumbuhan meliputi tinggi tanaman, berat basah dan panjang akar. Sedangkan parameter produktivitas meliputi berat tongkol dan berat kering biji jagung pada saat panen. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri atas 2 perlakuan kontrol (kontrol negatif dan positif) dan 9 perlakuan uji. Perlakuan kontrol negatif tanpa pemberian pupuk dan kontrol positif dengan pemberian pupuk urea 5 g/tanaman. Variasi dosis biofertilizer yang digunakan adalah 5, 10, dan 15 mL/tanaman dengan frekuensi pemberian 1, 2 dan 3 kali. Setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 5 tanaman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) satu arah (One Way Anova) dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Duncan dan menggunakan uji Brown Forsythe dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Games Howell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dosis dan frekuensi pemberian biofertilizer berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung (Zea mays L.). Hasil pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung terbaik ditunjukkan pada perlakuan pemberian biofertilizer dosis 15 mL dengan frekuensi pemberian sebanyak 1 kali (B15F1) untuk parameter tinggi tanaman, berat basah, panjang akar, berat tongkol dan berat kering biji. Nilai RAE tertinggi juga terdapat pada perlakuan B15F1 sebesar 216,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 54/18 Fir p
Uncontrolled Keywords: Biofertilizer, pertumbuhan, produktivitas, jagung (Zea mays L.)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture > SB113.2-118.46 Seeds. Seed technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
FITRI KURNIA FIRDAYANTI, 081411431032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatimah, Dr. , M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorTri Nurhariyati, S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 11 Jan 2019 10:42
Last Modified: 07 Jul 2023 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item