IDENTIFIKASI BAKTERI MENGGUNAKAN PEWARNAAN GRAM PADA TELEPON GENGGAM PPDS MIKROBIOLOGI KLINIK DI GDC RSUD DR.SOETOMO PERIODE SEPTEMBER 2018

Rafi Irfanatha Heru Sadjarwo, 011511133126 (2018) IDENTIFIKASI BAKTERI MENGGUNAKAN PEWARNAAN GRAM PADA TELEPON GENGGAM PPDS MIKROBIOLOGI KLINIK DI GDC RSUD DR.SOETOMO PERIODE SEPTEMBER 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
FK.PD.230-18 Sad i Abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text (Fulltext)
FK.PD.230-18 Sad i.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Telepon genggam sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia seiring berkembangnya gadget tersebut menjadi lebih berguna untuk kehidupan sehari-hari. Jumlah kontak yang terjadi antara telepon genggam, kulit manusia, lingkungan sekitar dan suhu yang optimal membuat telepon genggam dicurigai menjadi media tumbuh dan penyebaran bakteri. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bakteri jenis apasajakah yang dapat tumbuh pada telepon genggam. Metode : Kita mengambil sampel dari kapas yang telah dioleskan pada telepon genggam lalu kita tanam dan inkubasi sampelnya. Setelah beberapa koloni tumbuh ,kita mengambil beberapa dan melakukan pewarnaan Gram lalu melakukan identifikasi dengan mikroskop. Hasil : Dari 30 sampel yang kita kumpulkan, didapatkan 22 bakteri Coccus Gram positif yang dicurigai sebagai flora normal kulit. Batang Gram positif ditemukan pada 8 sampel dan batang Gram negatif ditemukan pada 13 sampel tumbuh bersama Bakteri Gram positif. Kesimpulan : Bakteri ditemukan pada 100% sampel yang diambil dengan Bakteri Coccus Gram positif paling banyak ditemukan karena merupakan flora kullit paling umum. Bakteri Gram negatif juga didapatkan pada beberapa sampel. Semua bakteri yang ditemukan bisa menjadi patogenik dalam keadaan tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.230-18 Sad i
Uncontrolled Keywords: Bakteri, Telepon genggam, pewarnaan Gram
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
Rafi Irfanatha Heru Sadjarwo, 011511133126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgung Dwi Wahyu Widodo, Dr., dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorNurmawati Fatimah, dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jan 2019 05:12
Last Modified: 24 Jun 2019 23:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item