HUBUNGAN KADAR BIKARBONAT SERUM DENGAN STATUS NUTRISI PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS STADIUM 5 NON DIABETES NON DIALISIS Penelitian Analitik Observasional Cross-Sectional Di Poliklinik Ginjal-Hipertensi Penyakit Dalam Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr Soetomo Surabaya

Eky Riyadi Perwiranegara, NIM011080227 (2018) HUBUNGAN KADAR BIKARBONAT SERUM DENGAN STATUS NUTRISI PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS STADIUM 5 NON DIABETES NON DIALISIS Penelitian Analitik Observasional Cross-Sectional Di Poliklinik Ginjal-Hipertensi Penyakit Dalam Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IPD. 26-18 Per h Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IPD. 26-18 Per h.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Malnutrisi merupakan salah satu komplikasi yang sering didapatkan pada pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) yang dapat ikut meningkatkan morbiditas mortalitas serta menurunkan aktivitas fungsional dan kualitas hidup pasien. Salah satu faktor yang mempengaruhi malnutrisi pada PGK adalah asidosis metabolik ditandai dengan kadar bikarbonat serum yang rendah. Penelitian terdahulu mengenai malnutrisi pada PGK umumnya dilakukan pada pasien PGK yang telah menjalani dialisis, hanya sedikit yang dilakukan pada pasien PGK non-dialisis. Tujuan: Mengetahui hubungan kadar bikarbonat serum dengan status nutrisi pada pasien penyakit ginjal kronik stadium 5 non-diabetes non-dialisis di Instalasi Rawat Jalan Ginjal-Hipertensi RSUD dr.Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian analitik berdesain cross sectional pada pasien PGK di Instalasi Rawat Jalan Ginjal-Hipertensi RSUD dr Soetomo Surabaya. Kadar bikarbonat serum didapatkan dari pemeriksaan analisa gas darah (AGD). Status nutrisi dinilai menggunakan Subjective Global Assessment (SGA). Hubungan kadar bikarbonat serum dan status nutrisi dianalisis menggunakan tes korelasi Spearman. Hasil: Subyek penelitian ini adalah 40 pasien PGK stadium 5 di poli ginjal hipertensi RSUD dr. Soetomo Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi, terdiri dari 26 (65%) subyek laki-laki dan 14 (35%) subyek perempuan, interpretasi analisis uji korelasi berdasarkan nilai p, kekuatan korelasi, serta arah korelasinya. Hubungan antara kadar bikarbonat dengan status nutrisi yang diukur menggunakan SGA pada pasien PGK stadium 5 non diabetes non dialisis pada penelitian ini didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0.49 dengan nilai p = 0.001. Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif dengan kekuatan korelasi sedang yang bermakna antara kadar bikarbonat serum dengan status nutrisi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IPD. 26-18 Per h
Uncontrolled Keywords: Bikarbonat serum, Status nutrisi, PGK
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
Eky Riyadi Perwiranegara, NIM011080227NIM011080227
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNunuk Mardiana, dr., Sp.PD, K-GHUNSPECIFIED
Thesis advisorWidodo, dr, Sp.PD, K-GHUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jan 2019 08:10
Last Modified: 12 Jan 2019 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item