PERUBAHAN KADAR ADENOSINE DEAMINASE SERUM PADA PASIEN TB PARU KASUS BARU BTA POSITIF SEBELUM DAN SESUDAH AKHIR FASE INTENSIF PENGOBATAN OAT

Kana Wulung Arie Ichida Prinasetyo, NIM011318096303 (2018) PERUBAHAN KADAR ADENOSINE DEAMINASE SERUM PADA PASIEN TB PARU KASUS BARU BTA POSITIF SEBELUM DAN SESUDAH AKHIR FASE INTENSIF PENGOBATAN OAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.PKR. 16-18 Pri p Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.PKR. 16-18 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

TB paru menjadi salah satu masalah utama kesehatan di dunia. Peningkatan angka kejadian TB paru dan resistensi obat menyebabkan penegakan diagnosis dini menjadi masalah yang paling penting. Dalam beberapa penelitian, kadar Adenosine Deaminase (ADA) dalam cairan sputum dan efusi digunakan untuk diagnosis TB paru, tetapi tidak selalu mudah untuk mendapatkan bahan tersebut diakhir pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan kadar ADA serum pada TB paru kasus baru BTA positif dengan status konversi sputum, sebagai monitoring terapi pada pasien TB paru. Metode Penelitian analitik observasional prospektif ini dilakukan di poli TB DOTS dan ruang rawat inap Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi RSUD Dr. Soetomo Surabaya mulai Januari 2017 hingga Mei 2017. Sampel penelitian adalah semua pasien TB paru kasus baru BTA positif dan Tes Cepat Molekular (TCM) Mycobacterium tuberculosis detect yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Subjek penelitian dilakukan pengambilan darah pertama hari yang sama saat akan dimulai pengobatan TB dan dilakukan pengambilan darah yang kedua pada akhir pengobatan fase intensif untuk menganalisis perubahan kadar ADA serum. Hasil Jumlah total subyek penelitian adalah 26 dengan TB paru baru BTA positif Mycobacterium tuberculosis detect . Seluruh subyek penelitian mengalami konversi sputum. Didapatkan peningkatan ADA serum pada awal pengobatan dan terdapat penurunan kadar ADA serum pada bulan kedua pengobatan. Didapatkan perbedaan yang bermakna antara kadar ADA serum sebelum dan sesudah akhir fase intensif pengobatan. Kesimpulan Pemeriksaan kadar ADA serum berguna untuk mengevaluasi respons terapi TB paru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.PKR. 16-18 Pri p
Uncontrolled Keywords: TB paru; Adenosin deaminase, konversi sputum
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Pulmonologi dan Ilmu kedokteran Respirasi
Creators:
CreatorsNIM
Kana Wulung Arie Ichida Prinasetyo, NIM011318096303NIM011318096303
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedarsono, Dr.,dr.,Sp.P (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:57
Last Modified: 14 Jan 2019 01:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78565
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item