PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AQUOS BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN NILA Oreochromis niloticus

TRI WAHYUNI HANDAYATI, 141611123002 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AQUOS BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN NILA Oreochromis niloticus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP.106 18 Han p-ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP.106 18 Han p-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu komoditas yang sangat digemari masyarakat, karena memiliki rasa yang enak dan merupakan protein hewani. Pakan merupakan faktor penunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan budidaya. Penambahan ekstrak aquos buah mengkudu sebagai feed additive merupakan salah satu upaya pakan alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa pertumbuhan. Buah mengkudu mengandung zat bioaktif seperti xeronin dan prexeronin. Proxeronin akan diubah menjadi xeronin didalam usus oleh enzim proxeronase. Xeronin akan diserap oleh sel-sel tubuh kemudian mengefektifkan penggunaan asam amino, meningkatkan arbsorbsi nutrient, mengatur sintesis protein. Ekstrak aquos buah mengkudu dapat membantu proses pencernaan ikan, sehingga pakan yang dikonsumsi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk performa pertumbuhan dan retensi protein ikan nila merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak aquos buah mengkudu pada pakan komersil terhadap performa pertumbuhan ikan nila. Penelitian ini menggunakan metode RAL dengan enam perlakuan, yaitu pemberian pakan buatan dengan penambahan ekstrak aqous buah mengkudu 36% (P1), 42% (P2), 48% (P3), 52% (P4) dan 60% (P5) yang diberikan pada benih ikan nila merah dan masing-masing perlakuan diulang empat kali. Hasil pemeliharaan selama 40 hari menunjukkan bahwa Penambahan ekstrak aquos buah mengkudu memberikan pengaruh pada performa ikan nila berupa retensi protein dan rasio konfersi pakan, tetapi tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan spesifik, dan laju pertumbuhan panjang mutlak ikan nila merah (Oreochromis nilotichus). Ekstrak aquos buah mengkudu dalam pakan komersial tidak memberikan efek toksik terhadap kelangsungan hidup ikan nila merah selama empat puluh hari pemeliharaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.106/18 Han p
Uncontrolled Keywords: BUAH MENGKUDU, IKAN NILA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
TRI WAHYUNI HANDAYATI, 141611123002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:09
Last Modified: 14 Jan 2019 02:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item