PENGARUH MASASE JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum) TERHADAP NYERI, KEKAKUAN SENDI DAN KETERBATASAN FUNGSI FISIK PADA LANSIA DENGAN OSTEOARTHRITIS

Putu Indraswari Aryanti, NIM. 131614153013 (2018) PENGARUH MASASE JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum) TERHADAP NYERI, KEKAKUAN SENDI DAN KETERBATASAN FUNGSI FISIK PADA LANSIA DENGAN OSTEOARTHRITIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 99_18 Ary p ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 99_18 Ary p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Osteoarthritis (OA) merupakan penyakit kronik progresif yang sering dialami oleh lansia. Kerusakan jaringan tulang rawan pada daerah sendi mengakibatkan rasa nyeri dan kekakuan sendi yang kemudian menyebabkan gangguan pergerakan. Hambatan ini menyebabkan lansia membatasi aktivitas yang dikemudian hari akan mengarah pada penurunan mobilitas. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pemberian masase jahe merah terhadap nyeri, kekakuan sendi dan keterbatasan fungsi fisik pada lansia dengan osteoarthritis. Metode : Jenis penelitian ini adalah true eksperimental dengan rancangan randomized control group pre-test post-test design. Responden akan terbagi dalam dua kelompok yakni kelompok dengan masase jahe merah dan kontrol. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Sampel penelitian berjumlah 62 responden. Instrumen yang digunakan adalah WOMAC. Uji statistik menggunakan paired t test, dan MANCOVA. Hasil : Dari 62 responden yang terdaftar, hanya 60 responden yang menyelesaikan penelitian. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa masase jahe merah berpengaruh terhadap penurunan respon nyeri (p = 0,001), kekakuan sendi (p = 0,000) dan keterbatasan fungsi fisik lansia (p = 0,004). Diskusi : Kombinasi intervensi masase dengan penggunaan minyak atsiri jahe merah secara simultan memberikan pengaruh yang baik terhadap penurunan nyeri, kekakuan sendi dan keterbatasan fungsi fisik pada lansia dengan osteoarthritis. Saran : Masase jahe merah dapat diterapkan sebagai perawatan komplementer untuk membantu menurunkan tingkat nyeri, kekakuan sendi dan keterbatasan fungsi fisik selain penggunaan obat-obatan standar pelayanan pada penyakit osteoarthritis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 99/18 Ary p
Uncontrolled Keywords: masase jahe merah, nyeri, kekakuan sendi, keterbatasan fungsi fisik, osteoarthritis
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Putu Indraswari Aryanti, NIM. 131614153013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantJoni Haryanto, Dr., S.Kp., M.Si.UNSPECIFIED
ConsultantElida Ulfiana, S.Krp., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:16
Last Modified: 14 Jan 2019 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item