SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN IKAN TERHADAP KANDUNGAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DAN HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus) = SUBSTITUTION OF FISH MEAL WITH EARTHWORM MEAL (Lumbricus rubellus) ON FISH FEED TOWARD LEVEL OF LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) AND HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) ON TILAPIA’S (Oreochromis niloticus) MEAT

Guruh Firnanda Reynaldy, 141411131138 (2018) SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN IKAN TERHADAP KANDUNGAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DAN HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus) = SUBSTITUTION OF FISH MEAL WITH EARTHWORM MEAL (Lumbricus rubellus) ON FISH FEED TOWARD LEVEL OF LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) AND HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) ON TILAPIA’S (Oreochromis niloticus) MEAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.124-18 Rey s ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.124-18 Rey s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan merupakan komoditas penting dalam bisnis ikan air tawar. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ikan nila adalah dengan meningkatkan kualitas pakan ikan nila. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pakan ikan nila adalah dengan menggunakan bahan alternatif seperti tepung cacing. Maka dari itu perlu diketahui nilai kecernaan protein dan energi pakan yang disubstitusi dengan tepung cacing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui substitusi tepung ikan dengan tepung cacing tanah (Lumbricus rubellus) pada pakan terhadap penurunan kandungan LDL dan peningkatan HDL pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2018 dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri atas 5 perlakuan yang meliputi P0 (Tepung ikan 100% + tepung cacing tanah 0%), P1 (Tepung ikan 70% + tepung cacing tanah 30%), P2 (Tepung ikan 65% + tepung cacing tanah 35%), P3 (Tepung ikan 60% + tepung cacing tanah 40%), dan P4 (Tepung ikan 55% + tepung cacing tanah 45%) dengan masing-masing 4 kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada hasil yang menunjukan terdapat perbedaan yang nyata. Hasil penelitian menunjukan bahwa susbtitusi tepung ikan dengan tepung cacing tanah pada pakan ikan menghasilkan nilai kandungan LDL dan HDL yang berbeda nyata (P>0,05). Kandungan LDL tertinggi terdapat pada perlakuan P4 yaitu sebesar 172.6712 mg/dL, sedangkan kandungan LDL yang sama terendah terdapat pada perlakuan P3 yaitu sebesar 33.097 mg/dL. Kandungan HDL terbesar terdapat pada perlakuan P4 yaitu sebesar 138.4955 mg/dL dan yang terendah pada perlakuan P1 sebesar 51.5482 mg/dL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.124/18 Rey s
Uncontrolled Keywords: Substitution ; Fish meal ; Earthworm meal ; LDL ; HDL
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Guruh Firnanda Reynaldy, 141411131138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorMoh. Anam Al Arif, Dr., drh., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:15
Last Modified: 14 Jan 2019 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item