EVALUASI PENGGUNAAN TERAPI TOPIKAL TRETINOIN 0,1 DIBANDING TERAPI MINIMAL INVASIF PADA STRIAE ALBAE DI UNIT RAWAT JALAN KESEHATAN KULIT DAN KELAMIN RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

Densy Violina Harnanti, NIM011328046304 (2018) EVALUASI PENGGUNAAN TERAPI TOPIKAL TRETINOIN 0,1 DIBANDING TERAPI MINIMAL INVASIF PADA STRIAE ALBAE DI UNIT RAWAT JALAN KESEHATAN KULIT DAN KELAMIN RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKKU. 50 18 Har e.pdf

Download (303kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKKU. 50 18 Har e.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian perbandingan terapi tunggal krim tretinoin 0,1, terapi tunggal FMR serta terapi kombinasi FMR dan fractional CO2 laser pada pasien striae albae di URJ Kesehatan Kulit dan Kelamin Divisi Kosmetik dan Tumor Bedah Kulit RSUD Dr. Soetomo Surabaya dapat disimpulkan sebagai berikut: Kesimpulan Khusus: 1. Panjang dan lebar lesi SA pada kelompok perlakuan terapi tunggal krim tretinoin 0,1% tidak mengalami penurunan secara bermakna, sedangkan persentase luas kolagen mengalami peningkatan bermakna. 2. Panjang dan lebar lesi SA pada kelompok perlakuan terapi tunggal FMR menurun secara bermakna, begitu pula persentase luas kolagen mengalami peningkatan bermakna. 3. Panjang lesi SA pada kelompok perlakuan terapi kombinasi FMR dan Fractional CO2 laser tidak mengalami penurunan bermakna, tetapi lebar lesi SA menurun secara bermakna. Persentase luas kolagen pada kelompok ini mengalami peningkatan bermakna. Saran dalam penelitian ini adalah: 1. Fluence fractional CO2 laser perlu ditingkatkan agar dapat bekerja hingga dermis, sehingga menghasilkan persentase luas kolagen yang lebih besar. 2. Perlu adanya penelitian lagi dengan minimal sampel size menggunakan besar sampel pada penelitian ini yang membandingkan kelompok pre dan post pada masing-masing kelompok.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKKli 50/18 Har e
Uncontrolled Keywords: Terapi Topikal, Kulit dan Kelamin
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Densy Violina Harnanti, NIM011328046304NIM011328046304
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Y. Listiawan, Dr. dr. , SpKK(K), FINS-DV, FAA-DV,UNSPECIFIED
Thesis advisorWilly Sandhika, Dr. dr.., M.Si, SpPA(K),UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:22
Last Modified: 15 Jan 2019 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item