PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DALAM BENTUK USAHA MINIMARKET (STUDI KASUS MINIMARKET AL-KHAIBAR MALANG)

FARIDATUL ALIYAH, 041411431003 (2018) PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DALAM BENTUK USAHA MINIMARKET (STUDI KASUS MINIMARKET AL-KHAIBAR MALANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (100kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 165-18 Ali p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan wakaf produktif dalam bentuk usaha minimarket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan metode studi kasus dimana penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nazhir yayasan UNISMA telah mengelola wakaf uang dan wakaf tanah dalam bentuk usaha minimarket dengan sangat baik terlihat dari aset wakaf dalam bentuk minimarket terus berkembang, hingga saat ini ada tiga minimarket Al-Khaibar yang ada di Malang yaitu minimarket Al-Khaibar Utama, minimarket Al-Khaibar Rois Dahlan, dan Minimarket Al-Khaibar Sabilillah. Dalam pendiriannya nazhir juga bekerjasama dengan masjid, minimarket Al-Khaibar Rois Dahlan bekerjasama dengan masjid Besar Rois Dahlan dan Minimarket Al-Khaibar Sabilillah bekerjasama dengan masjid Sabilillah dengan bagi hasil 50%:50%. Dari seluruh tiga minimarket keuntungannya dialokasikan 70% untuk pengembangan wakaf, 20% mauquf ‘alaih, dan 10% nazhir.Mauquf ‘alaih dari usaha minimarket Al-Khaibar adalah para khotib Sholat Jumat di masjid ‘Ainul Yaqin dan masjid Besar Rois Dahlan. Selain itu terdapat juga mitra minimarket Al-Khaibar yang membeli barang dagangan dari minimarket Al-Khaibar. Minimarket Al-Khaibar menjual barang kepada mitra dengan keuntungan 1,5% sampai 2% nilai harga jual barang. Keuntungan tersebut digunakan untuk pajak oprasional. Dari hasil penelitian yang dilakukan, minimarket Al-Khaibar dikelola dengan baik sehingga memberikan manfaat untuk menambah lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan kesejahteraan para khotib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI. 165/18 Ali p
Uncontrolled Keywords: Wakaf, wakaf produktif, minimarket Al-Khaibar Malang, wakaf produktif usaha minimarket, nazhir yayasan UNISMA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
FARIDATUL ALIYAH, 041411431003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRaditya Sukmana,, Dr. , SE., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:30
Last Modified: 14 Jan 2019 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item