REALITAS KEKERASAN SIMBOLIK DALAM RELASI SOSIAL ANGGOTA ORGANISASI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI KABUPATEN NGANJUK

Ephrilia Noor Fitriana, 121614153012 (2018) REALITAS KEKERASAN SIMBOLIK DALAM RELASI SOSIAL ANGGOTA ORGANISASI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI KABUPATEN NGANJUK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKSB 35 18 Fit r.pdf

Download (178kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKSB 35 18 Fit r.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Realitas kekerasan dalam relasi sosial anggota Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Nganjuk. Peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut; (1) Bagaimana identifikasi realitas kekerasan simbolik yang melibatkan anggota PSHT Nganjuk, (2) Bagaimana praktik kekerasan simbolik yang dilakukan oleh anggota PSHT Nganjuk, (3) Bagaimana kondisi sosial anggota PSHT dengan kelompok lain yang dapat menyebabkan adanya kekerasan. Penelitian ini menggunakan teori praktik sosial oleh Pierre Bourdieu dengan melihat habitus, modal, arena dan strategi yang dimanfaatkan dalam menghadapi aksi kekerasan berkelompok tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, temuan-temuan yang didapat adalah; terdapat habitus-habitus yang dimiliki oleh anggota PSHT yang diimplementasikan dalam bentuk kekerasan simbolik sebagai pemicu terjadinya kekerasan, meliputi pelecehan identitas PSHT; persaingan antara perguruan silat; solidaritas internal dalam kelompok; arogansi kelompok. Pelecehan identitas berkaitan dengan penodaan lambang dan atribut-atribut terkait dengan PSHT. Contohnya, tugu PSHT yang dirusak, seragam resmi PSHT yang dibakar, kain mori yang dicuri, persaingan antar perguran silat di mana PSHT akan membuka tempat latihan di suatu tempat, dan solidaritas internal dalam kelompok. Kondisi akan semakin pelik apabila kesolidaritasan PSHT diuji yaitu ketika ada satu atau lebih anggota PSHT menjadi korban kekerasan. Terakhir adalah arogansi kelompok. Hal tersebut ditunjukkan melalui aksi-aksi seperti konvoi dan pembangunan tugu yang dianggap menumbuhkan amarah bagi kelompok lain dan tentunya memicu terjadinya kekerasan. Selain itu ditemukan bahwa terdapat konversi modal sosial, seperti rasa solidaritas yang tinggi antar anggota dimanfaatkan untuk mendukung adanya kekerasan. Keinginan untuk mendukung atau membantu sesama anggota PSHT tidak serta merta berasal dari ketulusan diri sendiri, namun karena berbagai hal di antaranya, perasaan segan, kekhawatiran untuk dikucilkan dan faktor ikut-ikutan. Arena yang tampak yaitu melalui pembangunan tugu-tugu lambang perguruan silat yang dilakukan oleh kelompok PSHT dengan kelompok perguruan silat lain yang mana hal ini dapat menimbulkan persaingan dominasi wilayah kekuasaan. Temuan terakhir yaitu dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa kondisi sosial yang menyebabkan kekerasan antar kelompok PSHT Nganjuk dengan kelompok lain dapat terjadi adalah adanya kekerasan simbolik dalam relasi sosial PSHT Nganjuk dengan kelompok lain. Pembangunan tugu-tugu serta budaya konvoi di jalan raya yang dilakukan setelah pengesahan atau doa bersama dapat menciptakan legitimasi-legitimasi baru yang mempresentasikan kekuasaan secara simbolik dan tentu dapat memicu terjadinya kekerasan berkelompok.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB 35/18 Fit r
Uncontrolled Keywords: Kekerasan, PSHT, Habitus, Modal, Arena
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ephrilia Noor Fitriana, 121614153012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDiah Ariani Arimbi S.S, ., MA., Ph.D.,UNSPECIFIED
ContributorListiyono Santoso, Dr. , S.S., M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:11
Last Modified: 15 Jan 2019 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item