PERBANDINGAN REPRESENTASI ETNIS UIGHUR DI MEDIA BERITA CHINA DAILY DAN BBC

SUN WANTING, 121614153016 (2018) PERBANDINGAN REPRESENTASI ETNIS UIGHUR DI MEDIA BERITA CHINA DAILY DAN BBC. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKSB 37 18 Wan p.pdf

Download (308kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKSB 37 18 Wan p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah kajian tentang strategi tekstual dan kognisi sosial dari wartawan media berita online China Daily dan BBC yang berkaitan dalam merepentasikan citra etnis Uighur. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh konteks sosial wartawan yang dapat mempengaruhi kognisi mereka dalam membangun citra etnis Uighur. Penelitian ini menggunakan objek media berita online di China dan Barat, khususnya China Daily dan BBC karena keduanya memiliki perbedaan representasi teks berita dalam satu objek yang sama secara jelas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk, model pendekatan terhadap analisis wacana media. Teori van Dijk memiliki tiga dimensi utama, yaitu, teks, kognisi sosial, dan konteks sosial yang akan digunakan untuk membongkar makna dibalik perbedaan representasi teks berita terkait isu etnis Uighur oleh kedua media tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media berita online China Daily cenderung memberitakan etnis Uighur dalam perspektif eksotisme. Sementara itu, media berita online BBC memberitakan etnis tersebut secara lebih problematik. Perbedaan ini terjadi dikarenakan adanya pengaruh kognisi sosial dan konteks sosial para wartawan, seperti China Daily yang berada di bawah pengawasan Partai Komunis China dan BBC yang telah dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya (sikap kritik).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB 37/18 Wan p
Uncontrolled Keywords: Representasi, etnis Uighur, AWK van Dijk, China Daily, BBC
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
SUN WANTING, 121614153016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Ariani Arimbi, , S.S., M.A., Ph.D.,UNSPECIFIED
Thesis advisorKukuh Yudha Karnanta, , S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:30
Last Modified: 15 Jan 2019 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item