Faktor- faktor Pelayanan yang Mendasari Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Airlangga Bakti Persada

Faizha Fitri Utami, 151510913029 (2018) Faktor- faktor Pelayanan yang Mendasari Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Airlangga Bakti Persada. Tugas Akhir D3 thesis, Fakultas Vokasi.

[img] Text (ABSTRAK)
FV.PBK.38-18 Uta f abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PBK.38-18 Uta f.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel dari faktor pelayanan yang mendasari keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Airlangga Bakti Persada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pembiayaan murabahah di KSPPS Airlangga Bakti Persada yang berjumlah 81 nasabah (update terakhir April 2018). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purpose random sampling yaitu dengan mengambil 35 sample yang terdiri dari sebagian responden adalah nasabah pembiayaan murabahah dengan nilai pembiayaan terbesar, dan sebagian responden dipilih secara acak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada para responden secara langsung. Analisis data menggunakan analisis faktor yang terdiri dari beberapa variabel dan indikator yang diteliti. Kemudian diolah dengan bantuan software komputer Microsoft Office Excell 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis faktor pelayanan menunjukkan lima variabel yang mendasari keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Airlangga Bakti Persada yaitu (1) jaminan (assurance), (2) perhatian (emphaty), (3) ketanggapan (responsiveness), (4) keberwujudan (tangibles), dan (5) kehandalan (realibility). Variabel jaminan (assurance) merupakan variabel yang paling dominan dalam mendasari keputusan nasabah dengan rata-rata persepsi 3,49 dan indeks 87,43%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PBK.38/18 Uta f
Uncontrolled Keywords: SERVICE, MURABAHAH FINANCING PRODUCT, SHARIA COOPERATIVE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perbankan
Creators:
CreatorsNIM
Faizha Fitri Utami, 151510913029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYossi Imam Candika, S.E.,M.SMUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:33
Last Modified: 14 Jan 2019 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item