PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR PADA TITIK ZUSANLI (ST36) DAN SANYINJIAO (SP6) SERTA PEMBERIAN DEKOKTA BUAH ADAS (Foeniculum vulgare Mill.) PADA DISPEPSIA

DIVA PRIMA WARDHANI, 151510413032 (2018) PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR PADA TITIK ZUSANLI (ST36) DAN SANYINJIAO (SP6) SERTA PEMBERIAN DEKOKTA BUAH ADAS (Foeniculum vulgare Mill.) PADA DISPEPSIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
FV.TA.PT.31-18 War p abstrak.pdf

Download (53kB)
[img] Text (fulltext)
FV.TA.PT.31-18 War p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dispepsia merupakan kumpulan keluhan / gejala klinis (sindrom) yang terdiri dari rasa tidak enak pada perut bagian atas yang disertai dengan keluhan lain, seperti perasaan panas di dada, daerah jantung (heart burn), regurgitasi, kembung, perut terasa penuh, cepat kenyang, sendawa, mual, dan muntah. Dispepsia bukan merupakan kasus yang mengancam jiwa namun gejala–gejala tersebut terjadi dalam waktu lama. Meskipun demikian, sebagian besar kasus merupakan dyspepsia fungsional dan dispepsia tersebut jarang berakibat fatal sehingga gejala‐gejala dispepsia dapat mengganggu aktifitas sehari‐hari. Penatalaksanaan dispepsia dapat ditangani dengan pengobatan konvensional maupun tradisional. Dalam hal ini, penanganan pengobatan tradisional menggunakan terapi akupunktur dan terapi herbal. Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine) dispepsia termasuk dalam kategori Tong Wei Wan (nyeri epigastrium) dan Zhong Pi (sensasi penuh dalam epigastrium). Hal ini dikarenakan serangan dari lambung oleh patogen luar yaitu patogen dingin menyerang lambung dan patogen lembab panas menyerang lambung, pola makan yang tidak teratur, serta depresi emosional. Sedangkan menurut konvensional gejala dispepsia ini disebabkan pola makan yang tidak teratur, zat-zat seperti nikotin dan alkohol serta adanya peningkatan stressor, pemasukan makanan menjadi kurang sehingga lambung akan kosong dan mengakibatkan peningkatan produksi HCl.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TA.PT.31/18 War p
Uncontrolled Keywords: Terapi Akupunktur, Zusanli (St36), Sanyinjiao (Sp6), Dekokta Buah Adas
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
DIVA PRIMA WARDHANI, 151510413032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryani Dyah Astuti, Dr. , Dra., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorNeny Purwitasari, , S.Farm.,Apt., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:13
Last Modified: 21 Jan 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78706
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item