PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BIOFERTILIZER DENGAN VARIASI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomea reptans Poir.)

LILIK QOMDIYATUL QOTIM, 081411431036 (2018) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BIOFERTILIZER DENGAN VARIASI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomea reptans Poir.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk biofertilizer dengan variasi dosis terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan mengunakan beberapa perlakuan yaitu B5 (biofertilizer dosis 5 mL). B10 (biofertilizer dosis 10 mL), B15 (biofertilizer dosis 15 mL), dan perlakuan kontrol K- (tanpa pupuk), K+ (pupuk kimia), dengan masing-masing perlakuan dan kontrol dilakukan 9 kali pengulangan dan setiap ulangan terdiri atas 5 tanaman. Terdapat tiga parameter pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) yaitu tinggi tanaman, panjang akar, dan berat basah tanaman. Data hasil pengamatan pertumbuhan dianalisis untuk mengetahui normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilanjutkan dengan analisis menggunakan one way ANAVA. Setelah itu analisis dilanjutkan dengan uji lanjutan seperti uji Duncan untuk membandingkan antar perlakuan, Brown Forshyte untuk mengetahui pengaruh nyata pada perlakuan, dan uji Games Howell. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pemberian variasi dosis pupuk biofertilizer tidak berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, namun berpengaruh nyata terhadap parameter panjang akar dan berat basah tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada perlakuan B10 (biofertilizer dosis 10 mL) merupakan dosis optimal untuk pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) dengan rata-rata pada parameter tinggi tanaman sebesar 41,04 cm/tan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 56/18 Qot p
Uncontrolled Keywords: Pupuk biofertilizer, tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.), pertumbuhan, dosis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
S Agriculture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
LILIK QOMDIYATUL QOTIM, 081411431036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi’matuzahroH, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorTri Nurhariyati, S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:03
Last Modified: 14 Jan 2019 07:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78712
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item