SISTEM INFORMASI PENGADAAN DAN PENJUALAN GARAM LOSOSA (Low Sodium Salt) CV. CITRA WIRADHARMA MULIA SURABAYA

SHINTA DEWI, 151511513001 (2018) SISTEM INFORMASI PENGADAAN DAN PENJUALAN GARAM LOSOSA (Low Sodium Salt) CV. CITRA WIRADHARMA MULIA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV SI 09_18 Dew s Abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 09_18 Dew s.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses pengadaan dan penjualan garam lososa terkomputerisasi di CV. Citra Wiradharma Mulia-Surabaya, sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan kinerja perusahaan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan penomoran pada dokumen. Sistem ini menangani lima proses utama yaitu proses pengadaan garam lososa, proses pemesanan, proses pembayaran, proses pengiriman dan proses pembuatan laporan pengadaan dan penjualan garam lososa. Dalam pembuatanSistem Informasi Pengadaan dan Penjualan Garam Lososa (Low Sodium Salt) dibutuhkan lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Selanjutnya adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai enam proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 13 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 13 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap selanjutnya yaitu menggambarkan sistem menggunakan Bagan alir (Flow Chart), serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba untuk semua fungsi yang ada didalam sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pengadaan dan Penjualan Garam Lososa (Low Sodium Salt) CV. Citra Wiradharma Mulia yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional dalam perhitungan transaksi, pencatatan, penyimpanan data, dan penomoran dokumen. Serta sistem ini dapat membuat laporan pengadaan dan penjualan secara cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 09/18 Dew s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pengadaan, Sistem Informasi Penjualan,bahasa pemrograman PHP, Garam Lososa (Low Sodium Salt)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
SHINTA DEWI, 151511513001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Semiati, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:42
Last Modified: 14 Jan 2019 07:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item