MAKNA ROKOK OBAT SEHAT TENTREM BAGI WARGA THORIQOH SHIDDIQIYYAH: KAJIAN ETNOGRAFI

ETHIS KARTIKA SARI, 121514153007 (2018) MAKNA ROKOK OBAT SEHAT TENTREM BAGI WARGA THORIQOH SHIDDIQIYYAH: KAJIAN ETNOGRAFI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKSB 39 18 Sar m.pdf

Download (84kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKSB 39 18 Sar m.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Thorriqoh Shiddiqiyyah merupakan salah satu tarekat yang eksistensinya masih terus ada hingga saat ini. Sebagai sebuah tarekat yang cukup besar, Shiddiqiyyah menaungi beberapa organisasi-organisasi besar di bawahnya. Diantara beberapa organisasi tersebut adalah Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID). Dari Opshid inilah kemudian muncul fenomena rokok yang dapat menimbulkan kesehatan, rokok tersebut bermerk Sehat Tentrem. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti dan dikaji dikarenakan ditengah maraknya isu penolakan terhadap rokok dikarenakan bahaya yang ditimbulkan, Sehat Tentrem justru hadir ditengah polemik tersebut sebagai hal baru yang berusaha menggeser paradigma masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis adanya fenomena rokok obat Sehat Tentrem di Thoriqoh Shiddiyyah yang diproduksi oleh Organisasi pemuda Shiddiqiyyah. Peneliti membuat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, diantara yaitu; (1) Bagaimana rokok obat sehat tentrem dipandang dari konteks budaya Thoriqoh Shiddiqiyyah dulu dan saat ini, (2) Bagaimana warga Thoriqoh Shiddiqiyyah memaknai rokok obat sehat tentrem. Untuk menganalisis fenomena ini, peneliti menggunakan metode etnografi milik James P. Spradley. Sedangkan untuk tipe, penelitian ini tergolong kedalam tipe penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pada dasarnya keberadaan dari pada rokok obat Sehat Tentrem ini tidaklah lepas dari hegemoni sang mursyid, (2) Adanya keterkaitan antara hadist yang ada di Thoriqoh Shiddiqiyyah yakni “Hubhul Wathon Minal Iman” yang artinya cinta tanah air sebagian dari iman dengan rokok obat sehat Tentrem, (3) Pada produk rokok ini juga sangat kentara sekali bagaimana Shiddiqiyyah dengan hegemoni cinta tanah airnya tersebut berhasil dipatuhi oleh semua elemen di dalam Shiddiqiyyah. Terlihat dari adanya gambar bendera Indonesia dan tulisan “Untuk Indonesia Raya” pada setiap bungkus rokok obat sehat tentrem. Tidak hanya itu, Opshid melalui hasil penjualan rokok juga kerap mengadakan sodaqoh, santunan, pembangunan rumah layak huni, pengadaan layanan kesehatan di desa terpelosok. Melalui beberapa hasil temuan di atas, dapat ditarik kesimpulan. Munculnya Sehat Tentrem yang mengusung wacana kesehatan, nyatanya bisa menjadi sebuah tendensi untuk patuh terhadap mursyid. Kedua, bahwa Melalui rokok obat Sehat Tentrem secara sadar para warga Shiddiqiyyah telah turut melanggengkan konsep Nasionalisme yang saat ini sudah mulai memudar di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB 39/18 Sar m
Uncontrolled Keywords: Etnografi, Rokok, Sehat Tentrem, Thoriqoh Shiddiqiyyah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
ETHIS KARTIKA SARI, 121514153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDiah Ariani Arimbi, , Ph.DUNSPECIFIED
ContributorNur Wulan, Dra. , Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:48
Last Modified: 15 Jan 2019 02:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item