TEKNIK PEMBUATAN GIGI TIRUAN IMIDIAT PADA KASUS GIGITAN TERBALIK ANTERIOR DENGAN BAHAN THERMOSENS (PROSEDUR LABORATORIS)

NITA FADLILAH, 151510513005 (2018) TEKNIK PEMBUATAN GIGI TIRUAN IMIDIAT PADA KASUS GIGITAN TERBALIK ANTERIOR DENGAN BAHAN THERMOSENS (PROSEDUR LABORATORIS). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV TKG.17 18 Fad t - ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV TKG.17 18 Fad t - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tantangan sulit bagi dokter dan penderita adalah transisi dari mempunyai gigi ke keadaan kehilangan gigi. Untuk membantu penderita melewati fase ompong maka dokter gigi menyarankan agar penderita memakai gigi tiruan imidiat. Dibidang kedokteran gigi selalu diupayakan pengembangan diantaranya penemuan bahan. Pengembangan bahan pembuatan gigi tiruan imidiat dengan bahan thermosens. Tujuan: Untuk mengetahui teknik pembuatan gigi tiruan imidiat pada kasus gigitan terbalik anterior dengan bahan thermosens. Tinjauan pustaka: Gigi tiruan imidiat adalah gigi tiruan sebagian atau lengkap lepasan yang dibuat untuk segera dipasang pada penderita setelah pencabutan gigi. Kehilangan gigi yang berada pada anterior harus memperhatikan estetik. Non-metal clasp denture tidak terdapat struktur logam, ditunjukkan untuk gigi tiruan sementara pada penderita dengan sedikit gigi anterior yang hilang untuk menjaga estetik. Thermosens merupakan bahan termoplastik yang tidak mengandung monomer sisa karena basis poliamida dan diproduksi dengan teknik injeksi sehingga sangat cocok untuk penderita yang alergi dengan monomer sisa. Kasus: Kasus ini gigitan terbalik anterior rahang atas dengan oklusi rahang bawah masih ada giginya lengkap akan dibuatkan gigi tiruan imidiat dengan bahan thermosens. Kesimpulan: Tahap pembuatan gigi tiruan imidiat pada kasus ini yang harus mendapatkan perhatian lebih yaitu pada tahap penyusunan gigi dan konturing karena penyusunan gigi dibuat gigitan normal sehingga anasir gigi perlu dikurangi pada daerah palatal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV TKG.17/18 Fad t
Uncontrolled Keywords: Gigi tiruan imidiat, gigitan terbalik, thermosens, estetik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NITA FADLILAH, 151510513005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorOkti Setyowati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
ContributorSujati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Jan 2019 06:17
Last Modified: 15 Jan 2019 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item