MIKROPROPAGASI TEMU MANGGA (Curcuma mangga Val.) DENGAN PERLAKUAN VARIASI ZAT PENGATUR TUMBUH AUKSIN DAN SITOKININ

HAYYUN DURROTUL FARIDAH, 081411431062 (2018) MIKROPROPAGASI TEMU MANGGA (Curcuma mangga Val.) DENGAN PERLAKUAN VARIASI ZAT PENGATUR TUMBUH AUKSIN DAN SITOKININ. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara megabiodiversitas dengan berbagai flora dan salah satunya adalah Curcuma mangga Val.. Perkembangbiakan C. mangga Val. melalui pemecahan rimpang dinilai kurang efektif sehingga dilakukan perkembangbiakan secara in vitro melalui mikropropagasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi zat pengatur tumbuh auksin dan sitokinin terhadap kultur C. mangga Val. serta mengetahui tahap perubahan morfologi pada eksplan C. mangga Val.. Eksplan ditumbuhkan pada media MS yang diperkaya dengan 25 zat pengatur tumbuh 6-Benzyle Amino Purine (BAP) dan Naphthalene-Acetic Acid (NAA) dengan kombinasi konsentrasi BAP 0,0 mg/L; 1,0 mg/L; 3,0 mg/L; 5,0 mg/L; dan 7,0 mg/L serta konsentrasi NAA 0,0 mg/L; 0,5 mg/L; 1,0 mg/L; 2,0 mg/L; dan 3,0 mg/L. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratoris berupa rancangan acak lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi zat pengatur tumbuh auksin dan sitokinin menghasilkan respon yang bervariasi terhadap kultur C. mangga Val.. Penambahan BAP 5,0 mg/L dan NAA 0,5 mg/L memberikan hasil waktu tercepat terjadinya respons; jumlah tunas, akar dan daun terbanyak; serta jumlah akar terpanjang. Sedangkan penambahan BAP 3,0 mg/L dan NAA 1,0 mg/L memberikan hasil waktu tercepat induksi tunas dan akar serta menghasilkan tunas terpanjang. Tahap perkembangan morfologi eksplan C. mangga Val. Diawali dengan perubahan warna dan membengkaknya eksplan kemudian tumbuh akar dan disusul dengan tumbuhnya tunas selanjutnya daun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 66/18 Far m
Uncontrolled Keywords: Mikropropagasi, Curcuma mangga Val., auksin, sitokinin
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
S Agriculture
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
HAYYUN DURROTUL FARIDAH, 081411431062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Kusuma Wahyuni, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorH.Hery Purnobasuki, Prof.,M.Si.,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 15 Jan 2019 06:50
Last Modified: 16 Jan 2019 08:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item