PENINGKATAN ESTETIK PADA PEMBUATAN GIGI TIRUAN TETAP LOGAM KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN GINGIVA BERBAHAN KERAMIK PADA KASUS RESORPSI GINGIVA (PROSEDUR LABORATORIS)

TRI GALUH AJENG NURCAHYANI, 151510513002 (2018) PENINGKATAN ESTETIK PADA PEMBUATAN GIGI TIRUAN TETAP LOGAM KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN GINGIVA BERBAHAN KERAMIK PADA KASUS RESORPSI GINGIVA (PROSEDUR LABORATORIS). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. TKG. 02-18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi estetik pada penderita dengan kehilangan satu atau lebih gigi asli adalah dengan penggunaan restorasi gigi tiruan tetap (fixed partial denture). Gigi tiruan apabila dibuat pada ridge yang normal tidak akan menimbulkan masalah, akan tetapi bila ridge sudah mengalami resorpsi, bentuk pontik perlu dimodifikasi dengan membuat gingiva buatan agar terlihat lebih estetis. Restorasi estetika dirancang untuk menciptakan harmoni morfologis antara warna gigi, gingiva, bibir dan wajah. Penggunaan restorasi gingiva dapat mengurangi kebutuhan akan teknik pembedahan untuk mengembalikan jaringan lunak dan keras yang hilang, sehingga menyederhanakan dan mengurangi waktu serta biaya pengobatan. Tujuan: Menjelaskan prosedur laboratoris peningkatan estetik pada pembuatan gigi tiruan tetap logam keramik dengan penambahan gingiva berbahan keramik pada kasus resorpsi gingiva. Kasus: peningkatan estetik pada pembuatan gigi tiruan tetap logam keramik dengan penambahan gingiva berbahan keramik pada kasus resorpsi gingiva. Tinjauan pustaka: Bahan yang saat ini tersedia untuk membuat gingiva buatan adalah keramik, akrilik dan komposit. Setiap bahan memiliki kelebihan, kekurangan dan spesifikasinya sendiri. Indikasi untuk restorasi gigi tiruan, keramik biasanya adalah bahan pilihan untuk membuat retorasi tidak hanya “white esthetics” tapi juga “pink esthetics”. Kesimpulan: Untuk meningkatkan estetik, modifikasi gingiva keramik pada pembuatan restorasi logam keramik dengan kasus resorpsi gingiva merupakan restorasi yang tidak hanya berbasis pada “white esthetic” tetapi juga “pink esthetic”. Prosedur pembuatan gigi tiruan tetap logam keramik dengan penambahan gingiva berbahan keramik pada kasus resorpsi gingiva meliputi penerimaan model kerja dan surat perintah kerja, pembuatan model kerja, pembuatan mock up, pembuatan dan finishing koping logam, aplikasi dan pembakaran keramik “white esthetics ” meliputi keramik opaque, dentine, enamel dan transparant, dilanjutkan aplikasi dan pembakaran keramik “pink esthetics”, yaitu gingiva keramik , diakhiri dengan proses glazing dan finishing logam. Kata kunci: estetik gigi, restorasi logam keramik, resorpsi gingiva, restorasi keramik gingiva.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TKG. 02/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: estetik gigi, restorasi logam keramik, resorpsi gingiva, restorasi keramik gingiva
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TRI GALUH AJENG NURCAHYANI, 151510513002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSonya Harwasih, drg.,M.KesUNSPECIFIED
ContributorSri Wahyuni, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Jan 2019 06:52
Last Modified: 15 Jan 2019 06:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item