ESTETIKA PADA PEMBUATAN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPAS RESIN AKRILIK UNTUK PENGGANTIAN GIGI ANTERIOR PADA KASUS GIGITAN TERBALIK

NEVY ISTIBASYAROTUL PRATIWI, 151510513023 (2018) ESTETIKA PADA PEMBUATAN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPAS RESIN AKRILIK UNTUK PENGGANTIAN GIGI ANTERIOR PADA KASUS GIGITAN TERBALIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. TKG. 04-18 Pra e.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (678kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Gigi tiruan sebagian lepas resin akrilik adalah salah satu pilihan untuk mengganti gigi yang hilang dan juga merupakan pilihan pengobatan yang paling efektif biayanya. Kehilangan gigi bisa mengurangi estetika wajah, kesulitan berbicara dan kesulitan mengunyah. Gigitan terbalik adalah kondisi yang sering dijumpai dalam praktek klinis. Tujuan: Untuk mengetahui, membuat dan melaporkan tentang pembuatan kasus gigi tiruan sebagian lepas resin akrilik yang estetik untuk penggantian gigi anterior pada kasus gigitan terbalik. Kasus: Gigitan terbalik pada bagian anterior rahang atas dan rahang bawah. Tinjauan pustaka: Ukuran dan bentuk gigi anterior rahang atas sangat penting, tidak hanya pada estetika gigi tetapi juga pada estetika wajah. ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu kesesuaian estetik dengan gigi yang ada, kriteria estetik yang ideal untuk gigi anterior rahang atas, faktor SPA (sex, personality, age), keseimbangan estetik profil wajah. Perawatan pada kasus gigitan terbalik yang paling sering pada kasus gigitan terbalik adalah koreksi orthodontik atau bedah orthodontik atau kombinasi keduanya, ketika kedua situasi klinis kurang menguntungkan kedua cara tersebut maka keterampilan dokter gigi sangat dibutuhkan. Gigi tiruan sebagian lepas dapat menjadi pilihan perawatan yang efektif. Kesimpulan: Penyusunan gigi untuk kasus gigitan terbalik dibuat seideal mungkin agar bisa mendekati susunan gigi yang normal. Kata kunci: gigi tiruan sebagian lepas, estetika, resin akrilik, gigitan terbalik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. TKG. 04/18 Pra e
Uncontrolled Keywords: gigi tiruan sebagian lepas, estetika, resin akrilik, gigitan terbalik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NEVY ISTIBASYAROTUL PRATIWI, 151510513023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOkti Setyowati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Kusdarjanti, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:11
Last Modified: 15 Jan 2019 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item