PROSEDUR PEMBUATAN RESTORASI GIGI TIRUAN CEKAT METAL-KERAMIK ANTERIOR DENGAN GIGITAN EDGE TO EDGE

AYU WULANDARI, 151510513015 (2018) PROSEDUR PEMBUATAN RESTORASI GIGI TIRUAN CEKAT METAL-KERAMIK ANTERIOR DENGAN GIGITAN EDGE TO EDGE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV TKG.25 18 Wul p - ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV TKG.25 18 Wul p - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawatan pada pasien yang kehilangan gigi dapat diatasi menggunakan restorasi gigi tiruan cekat, dengan pertimbangan biologis terhadap struktur gigi dan jaringan pendukungnya. Restorasi gigi tiruan cekat digunakan sebagai salah satu pilihan perawatan untuk merestorasi gigi, karena mempunyai desain yang lebih sederhana, nyaman untuk digunakan, mempunyai estetik yang baik, dan dapat menambah rasa percaya diri pada pasien. Tujuan: Untuk menjelaskan prosedur pembuatan restorasi gigi tiruan cekat metal-keramik anterior dengan gigitan edge to edge. Kasus: Gigi rahang atas dan rahang bawah dengan kehilangan gigi 11 dan 21, serta kontak dengan gigi antagonis 31 dan 41 berupa gigitan edge to edge.Tinjauan Pustaka: Restorasi ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu koping metal dan lapisan keramik. Teknik yang sederhana dan ketepatan marginal yang dapat diterima, restorasi gigi tiruan cekat metal keramik menawarkan pilihan perawatan yang sangat baik, yaitu dapat menyerupai penampilan gigi alami dengan berbagai indikasi pada regio anterior dan posterior. Kesimpulan: Pembuatan restorasi gigi tiruan cekat metal-keramik anterior dengan gigitan edge to edge memperhatikan desain restorasi yang meliputi desain koping full metal coverage pada daerah palatal dan jarak metal ceramic junction 1,5 mm dengan kontak insisal, desain pontik, kontak dengan gigi antagonis dan ketebalan dari lapisan keramik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TKG.25/18 Wul p
Uncontrolled Keywords: Restorasi gigi tiruan cekat, restorasi metal-keramik anterior, gigitan edge to edge, metal ceramic junction
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AYU WULANDARI, 151510513015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEny Inayati, drg., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Wahjuni, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:04
Last Modified: 17 Jan 2019 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item