PENURUNAN KADAR MALONDIALDEHID (MDA)DAN TERDAPATNYA EKSPRESI METALLOTHIONEIN-3 (MT-3) TIKUS YANG DIINDUKSI DOXORUBICIN AKIBAT PEMBERIAN KECAMBAH KACANG HIJAU (PHASEOLUS RADIATUS L.)

LUTFI MALIA ROSSA, 021511133016 (2018) PENURUNAN KADAR MALONDIALDEHID (MDA)DAN TERDAPATNYA EKSPRESI METALLOTHIONEIN-3 (MT-3) TIKUS YANG DIINDUKSI DOXORUBICIN AKIBAT PEMBERIAN KECAMBAH KACANG HIJAU (PHASEOLUS RADIATUS L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 139_18 Ros p.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 139_18 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Kemoterapi adalah prosedur perawatan yang paling umum diberikan untuk penderita kanker. Salah satu obat kemoterapi adalah doxorubicin. Doxorubicin merupakan obat sitotoksik yang memicu pembentukan radikal bebas dan Reactive Oxygen Spesies (ROS). Radikal bebas yang terakumulasi didalam tubuh dapat menimbulkan terjadinya peroksidasi lemak dengan produk malondialdehid (MDA). Peningkatan ROS juga dapat menimbulkan efek negatif terhadap sel tubuh. ROS adalah jenis oksidan paling reaktif yang dapat merusak sel sel didalam tubuh termasuk sel taste buds. Kerusakan sel sensoris pada taste buds dapat menimbulkan sensasi rasa tidak menyenangkan atau dysgeusia yang sering dipersepsikan sebagai metallic taste. Peningkatan sensasi metallic taste pada penderita kanker dapat menyebabkan penurunan nafsu makan dan kualitas hidup. Tujuan: Mengetahui penurunan MDA dan terdapatnya ekspresi MT-3 pada tikus yang diinduksi Doxorubicin akibat pemberian kecambah kacang hijau (Phaseolus radiatus L.). Metode: Penelitian menggunakan tikus wistar (Rattus novergicus) sebagai hewan coba dan dibagi menjadi 3 kelompok. Data dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmograv-Smirnov, uji homogenitas menggunakan Levene Test, selanjutnya, analisis perbedaan menggunakan uji statistik Oneway- ANOVA. Hasil: Terdapat penurunan kadar MDA dan terdapatnya ekspresi MT-3 pada tikus yang diinduksi doxorubicin akibat pemberian kecambah kacang hijau. Simpulan: Kecambah kacang hijau dengan dosis 10 mg/gBB memiliki efek sebagai anti oksidan yang ditandai dengan penurunan kadar MDA dan terdapatnya ekspresi MT-3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 139/18 Ros p
Uncontrolled Keywords: MDA, MT-3, Doxorubicin, ROS, Kecambah Kacang Hijau
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LUTFI MALIA ROSSA, 021511133016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJenny Sunariani, Prof. Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
ContributorYuliati, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:45
Last Modified: 15 Jan 2019 09:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item