FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA DI UNIT CIRCULATOR LOOM PT KERTA RAJASA RAYA

NITA DESTI RAHMAWATI, 101611123077 (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA DI UNIT CIRCULATOR LOOM PT KERTA RAJASA RAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja merupakan perasaan lelah saat bekerja yang dapat mengakibatkan penurunan kesiagaan sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari faktor yang dimiliki tenaga kerja itu sendiri, faktor pekerjaan dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada tenaga kerja di unit circulator loom PT Kerta Rajasa Raya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi, yaitu sebanyak 44 tenaga kerja. Variabel dalam penelitian adalah karakteristik tenaga kerja yang meliputi usia, jenis kelamin, masa kerja, tingkat pendidikan, status gizi dan riwayat penyakit. Beban kerja fisik dinilai menurut SNI 7269-2007, beban kerja mental diukur dengan kuesioner NASA-TLX dan kebisingan diukur dengan Sound Level Meter. Variabel tersebut termasuk dalam variabel independen, sedangan variabel dependennya adalah kelelahan kerja yang diukur dengan reaction timer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 tenaga kerja (61,4%) mengalami kelelahan kerja ringan. Berdasarkan uji statistik, beban kerja mental korelasi terkuat dengan kelelahan kerja (ρ=0,509) dan riwayat penyakit memiliki korelasi terlemah dengan kelelahan kerja (ρ=0,034). Kesimpulan dari penelitian ini adalah beban kerja mental memiliki korelasi terkuat dengan kelelahan kerja, sedangkan variabel lainnya memiliki korelasi yang lemah dan sangat lemah dengan kelelahan kerja. Saran bagi perusahaan adalah memberikan istirahat pendek secara rutin, adanya rotasi kerja, perawatan mesin di unit circulator loom secara rutin dan menyeluruh serta pemberian APD earplug kepada tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 353/18 Rah f
Uncontrolled Keywords: work fatigue, reaction timer, noise
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NITA DESTI RAHMAWATI, 101611123077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAbdul Rohim Tualeka, Dr., Drs., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2019 01:25
Last Modified: 17 Jan 2019 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79034
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item