PERBEDAAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI DAN MP-ASI, ASUPAN ZAT GIZI, PENYAKIT INFEKSI DAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA(Studi Pada Balita Status Gizi Kurang Dan Normal Di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya)

RIZQIYAH FITRI NAFADZA, 101411131144 (2018) PERBEDAAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI DAN MP-ASI, ASUPAN ZAT GIZI, PENYAKIT INFEKSI DAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA(Studi Pada Balita Status Gizi Kurang Dan Normal Di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gizi kurang merupakan masalah yang dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor yang secara langsung mempengaruhi status gizi adalah asupan zat gizi dan penyakit infeksi. Asupan zat gizi dipengaruhi praktik pemberian makan yang mencakup pemberian ASI dan MP-ASI. Selain praktik pemberian makan, asupan zat gizi balita dipengaruhi oleh ketahanan pangan rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan praktik pemberian ASI dan MP-ASI, asupan zat gizi, penyakit infeksi dan status ketahanan pangan rumah tangga pada balita status gizi kurang dan normal di Kelurahan Tanah Kali Kedinding. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 80 balita yang diambil secara acak dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, food recall 1x24 jam, Food Frequency Questionnaire (FFQ), US-HFSSM dan penimbangan berat badan balita. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney, Independent T-Test dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan praktik pemberian ASI dan MP-ASI (p=0,032), penyakit infeksi (p=0,035) dan status ketahanan pangan rumah tangga (p=0,012) antara balita gizi kurang dan normal. Sedangkan asupan energi (p=0,100), asupan protein (p=0,104), dan asupan zat besi (p= 0,209) antara balita gizi kurang dan normal tidak ditemukan perbedaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan praktik pemberian ASI dan MP-ASI, penyakit infeksi dan status ketahanan pangan rumah tangga pada balita gizi normal dan gizi kurang. Untuk itu, perlunya adanya upaya perbaikan lintas program melalui kerjasama berbagai sektor seperti bagian gizi, kesehatan lingkungan dan pihak Kelurahan Tanah Kali Kedinding melalui intervensi gizi spesifik dan sensitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 355/18 Naf p
Uncontrolled Keywords: feeding practice, nutitional intake, infectious disease, household food security
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RIZQIYAH FITRI NAFADZA, 101411131144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriska Susila Nindya, , S.KM., M.PH. (Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2019 01:49
Last Modified: 17 Jan 2019 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item