ANALISIS KESESUAIAN INSTALASI HIDRAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI LAPINDO BRANTAS INC

MAS’ILAH FIRDAYATI, 151511713048 (2018) ANALISIS KESESUAIAN INSTALASI HIDRAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI LAPINDO BRANTAS INC. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. HKK.36-18 Fir a abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. HKK.36-18 Fir a.pdf
Restricted to Registered users only until January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Instalasi hidran adalah sistem pemadaman kebakaran dengan menggunakan air yang memiliki tekanan yang dialirkan melalui pipa dan selang kebakaran. Hidran adalah salah satu upaya untuk memadamkan kebakaran. Hidran yang tidak sesuai dapat menghambat dalam penanganan kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari dan menganalisis kesesuaian instalasi hidran dalam upaya penanggulangan kebakaran di Lapindo Brantas Inc. Yang meliputi sumber air bersih, sistem pemompaan air, kondisi fisik hidran, pemasangan hidran dan pemeliharaan hidran. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan membuat gambaran mengenai suatu keadaan berdasarkan fakta. Sedangkan berdasarkan waktu penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Lapindo Brantas Inc tepatnya di area Plant Wunut . Waktu penelitian dimulai pada bulan Juli 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instalasi hidran di Lapindo Brantas Inc belum sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No.02/KPTS/1985 yang meliputi, beberapa peralatan hidran yang tidak lengkap, ada kotak hidran yang korosif dan ada kotak hidran yang terhalang oleh benda. Kesesuaian kondisi hidran di Lapindo Brantas Inc yang lebih dari 50% terdapat pada hidran nomor 5 dan 7. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Lapindo Brantas Inc disarankan untuk melengkapi isi kotak hidran yang belum lengkap, pengecatan ulang pada kotak hidran yang korosif, dan memindahkan hidran yang terhalang oleh benda, sehingga pada saat terjadi kebakaran hidran mudah di akses.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 36/18 Fir a
Uncontrolled Keywords: instalasi hidran, kebakaran
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
MAS’ILAH FIRDAYATI, 151511713048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:33
Last Modified: 21 Jan 2019 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item