IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEMASANGAN SCAFFOLDING DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS DI PT SARANA DUTA MANDIRI

BOGI DAMAR WICAKSONO, 151511713037 (2018) IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEMASANGAN SCAFFOLDING DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS DI PT SARANA DUTA MANDIRI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. HKK.35-18 Wic i abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. HKK.35-18 Wic i.pdf
Restricted to Registered users only until January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Sarana Duta Mandiri memiliki pekerjaan pemasangan scaffolding pada samping dermaga. Posisi pemasangan scaffolding yang menggantung pada samping dermaga membuat pemasangan tersebut memiliki potensi bahaya dan risiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan identifikasi potensi bahaya disetiap tahapan pemasangan dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Tujuan penelitian ini adalah melakukan Identifikasi potensi bahaya pada pemasangan scaffolding dengan menggunakan metode JSA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Scaffolder, Inspector, Safety Officer di PT Sarana Duta Mandiri. Objek penelitian adalah pembuatan JSA untuk pekerjaan pemasangan scaffolding. Lokasi pengambilan data dilakukan pada area Coal Jetty PT Sarana Duta Mandiri. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Mei – Juli 2018. Hasil penelitian menunjukan PT Sarana Duta Mandiri belum memiliki SOP pemasangan Scaffolding yang divalidasi dan ditetapkan oleh perusahaan, sehingga perusahaan menggunakan instruksi kerja yang tidak tertulis sebagai pengganti SOP. Perusahaan telah melakukan identifikasi bahaya dengan menggunakan JSA, namun JSA yang dibuat belum sesuai karena hanya terdapat satu JSA untuk pekerjaan pemasangan scaffolding di semua area. Hasil identifikasi bahaya pada pemasangan scaffolding di area coal jetty dengan metode JSA memiliki potensi bahaya seperti terjatuh dari scaffolding, tenggelam, scaffolding roboh, terpleset, tersandung, tangan terjepit, bagian tubuh tergores ujung pipa, dan terkilir akibat posisi kerja tidak normal. Upaya pengendalian yang direkomendasikan untuk mencegah potensi bahaya meliputi melakukan toolbox meeting, pemakaian APD wajib dan khusus, pemasangan safety net, perenggangan sebelum memulai pekerjaan. Perusahaan disarankan untuk membuat SOP pemasangan scaffolding yang selanjutnya divalidasi oleh pimpinan perusahaan, membuat JSA disetiap pemasangan scaffolding, serta melaksanakan pengendalian yang telah direkomendasikan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 35/18 Wic i
Uncontrolled Keywords: SOP pemasangan scaffolding, JSA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BOGI DAMAR WICAKSONO, 151511713037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:22
Last Modified: 21 Jan 2019 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item