IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO FAKTOR BAHAYA FISIK DAN MEKANIK PADA PENGOPERASIAN FORKLIFT DI AREA PRODUKSI AAC PT SINAR INDOGREEN KENCANA

ELYA MAULA IMRO’ATUL KHASANAH, 151511713019 (2018) IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO FAKTOR BAHAYA FISIK DAN MEKANIK PADA PENGOPERASIAN FORKLIFT DI AREA PRODUKSI AAC PT SINAR INDOGREEN KENCANA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. HKK.32-18 Kha i abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. HKK.32-18 Kha i.pdf
Restricted to Registered users only until January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Forklift merupakan salah satu pesawat angkat angkut yang paling banyak digunakan di industri logistik dan manufaktur. Pengoperasian forklift dapat menimbulkan kecelakaan kerja fatal. Setiap hari PT Sinar Indogreen Kencana menggunakan forklift dalam kegiatan produksinya, sehingga perlu dilakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian adalah melakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko bahaya fisik dan mekanik pada setiap tahapan proses pengoperasian forklift di area produksi AAC PT SIGK. Penelitian ini termasuk penelitian observasional deskiptif. Objek dalam penelitian ini adalah bahaya dan risiko yang ada pada tahapan pengoperasian forklift di area produksi AAC, yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pengecekan awal, tahap persiapan pengoperasian, tahap pengoperasian dan tahap setelah pengoperasian. Data primer diperoleh dengan observasi dan wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Data diolah secara deskriptif. 1 Hasil identifikasi bahaya menunjukkan terdapat 25 bahaya, yaitu 4 bahaya pada tahap pengecekan awal, 2 bahaya pada tahap persiapan pengoperasian, 14 bahaya pada tahap pengoperasian dan 5 bahaya pada tahap setelah pengoperasian. Penilaian risiko awal didapatkan 2 bahaya tingkat risiko tinggi, 22 bahaya tingkat risiko sedang dan 1 bahaya tingkat risiko rendah. Pengendalian bahaya yang paling banyak dilakukan oleh PT SIGK adalah dari segi administratif (SOP, training forklift, safety sign) dan APD (helm, sarung tangan, masker), pengendalian tersebut mendapatkan nilai efektifitas antara 50% hingga 75%. Penilaian risiko sisa, didapatkan 5 bahaya tingkat risiko sedang dan 20 bahaya tingkat risiko rendah. 5 bahaya tingkat risiko sedang tersebut meliputi forklift menabrak pekerja, forklift menabrak objek lain, pekerja terjatuh dari garpu forklift, pekerja tertabrak saat memuat material dan truk terdorong saat memuat material. Pengendalian tambahan sebaiknya dilakukan oleh perusahaan untuk menurunkan tingkat risiko sisa dari kategori sedang agar menjadi rendah, apabila rekomendasi pengendalian diimplementasikan dengan baik maka didapatkan keseluruhan tingkat risiko akhir dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 32/18 Kha i
Uncontrolled Keywords: Identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengoperasian forklift.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ELYA MAULA IMRO’ATUL KHASANAH, 151511713019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:47
Last Modified: 21 Jan 2019 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item