TEKNIK PEMBENIHAN IKAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI, JAWA BARAT

BUNGA ERDINA ZELVINA DEVI, 141511133130 (2018) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI, JAWA BARAT. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text (Fulltext)
238 18 Dev t.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2022.

Download (912kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan hias koi atau nishikigoi merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati karena keindahan bentuk badan serta warnanya, dan dipercaya membawa keuntungan oleh para pecinta koi di Indonesia. Jenis ikan koi yang memiliki harga cukup baik dan stabil di pasar dunia yaitu kohaku, showa, shiro utsuri, shusui, asagi, koromo, goshiki, bekko, tancho, kinginrin, dan kawarimono. Tetapi jenis ikan koi yang menjadi induk pada saat proses pembenihan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi Jawa Barat adalah ikan koi jenis Kohaku dan Sanke. Hasil yang didapatkan dari proses pembenihan ini diharapkan memiliki kualitas baik agar dapat diikutkan dalam kontes. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan di lapangan, pengalaman secara langsung dan mengetahui faktor-faktor pendukung kegiatan pembenihan ikan koi di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2017 hingga 18 Januari 2018 di BBPBAT kota Sukabumi, Jawa Barat. Metode kerja yang digunakan adalah metode partisipasi aktif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Proses pembenihan dilakukan mulai dari persiapan wadah berupa kolam induk, kolam pemijahan, kolam penetasan serta kolam perawatan benih. Faktor pendukung dari proses pembenihan ikan koi ini adalah kualitas air yang terkontrol, pemberian pakan dan pengendalian hama dan penyakit pada proses pembenihan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.238/18 Dev t
Uncontrolled Keywords: Ikan Koi, Air Tawar, Sukabumi
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
BUNGA ERDINA ZELVINA DEVI, 141511133130UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Satya R., Ir. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 18 Jan 2019 09:45
Last Modified: 28 Jun 2019 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item