ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN P CARE DI PUSKESMAS KABUPATEN BOJONEGORO PER BULAN JULI TAHUN 2018

ANNE ANGGIANA, 101411133008 (2018) ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN P CARE DI PUSKESMAS KABUPATEN BOJONEGORO PER BULAN JULI TAHUN 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 06 - 19 Ang a-Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 06 - 19 Ang a.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi dalam kesehatan merupakan dasar pengambilan keputusan dalam pembangunan sistem kesehatan. Pengelolaan informasi yang digabungkan dengan teknologi merupakan kebutuhan pokok untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem informasi kesehatan. Sebaliknya, penggunaan P Care di Kabupaten Bojonegoro justru menambah beban kerja tenaga kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor penggunaan P Care yang mempegaruhi keuntungan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 17 puskesmas, diambil secara acak 1-2 petugas tiap puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan model Model for Mandatory Use of Software Technologies (MMUST). Item pertanyaan dibagi dalam delapan variabel, yaitu Kualitas Informasi, Kepuasan Informasi, Kinerja Yang Diharapkan, Imbas Sosial, Sikap, Penggunaan, Kepuasan Total, dan Keuntungan Organisasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam dari delapan efek langsung yang signifikan, yaitu kinerja yang diharapkan-sikap (t value=7,150), imbas sosial-kinerja yang diharapkan (t value=4,091), sikap-penggunaan (t value=2,410), sikap-kepuasan total (t value=4,485), penggunaan-keuntungan organisasi (t value=2,138), kepuasan total-keuntungan organisasi (t value=3,929). Pengaruh antara kualitas informasi-kepuasan informasi (t value=0,963) dan kepuasan informasi-kinerja yang diharapkan (t value=0,426) tidak signifikan. Selain itu juga nilai total efek sikap (0,544) dan kepuasan total (0,532)memiliki nilai pengaruh paling besar diantara nilai total efek variabel laten lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari total delapan asosiasi pengaruh, terdapat enam asosiasi pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari total delapan asosiasi pengaruh, terdapat enam asosiasi pengaruh yang signifikan. Saran yang diberikan yaitu membentuk sistem informasi manajemen dan melakukan uji pengalaman pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 06/ 18 Ang a
Uncontrolled Keywords: P Care, Health Information System, MMUST, Usage
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANNE ANGGIANA, 101411133008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDiah Indriani, Dr., S.Si., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Jan 2019 04:26
Last Modified: 19 Jan 2019 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item