SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA PROBOLINGGO

ZAHROTUS SAKINAH WISUDAWATI, 151511513033 (2018) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA PROBOLINGGO. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV SI 39 18 Wis s.pdf

Download (40kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV SI 39 18 Wis s.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses peminjaman dan pengembalian buku secara terkomputrisasi di perpustakaan Madrassah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Probolinggo sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan. Sistem ini menangani enam proses utama yaitu proses pendataan pengunjung, proses pencarian katalog buku, proses peminjaman bahan pustaka, proses pengemballian bahan pustaka, proses penagihan pengembalian bahan pustaka dan proses pembuatan laporan pengelolaan perpustakaan. Pembuatan Sistem Informasi Pengelolaan Perpustakaan di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Probolinggo terdiri dari lima tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua yaitu menggambarkan prosedur dan menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram dan Fishbone Diagram. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai enam proses utama dan Data Flow Diagram (DFD) dan desain database menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan empat belas entitas dan Physical Data Model (PDM) meghasilkan 14 tabel. Berdasarkan desain tersebut dilanjutkan dengan membuat desain input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan bagan alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan skenario uji coba sistem yang dimulai dari proses pendataan pengunjung, proses pencarian katalog buku, proses peminjaman bahan pustaka, proses pengemballian bahan pustaka, proses penagihan pengembalian bahan pustaka dan proses pembuatan laporan pengelolaan perpustakaan. Berdasarkan hasil uji coba sistem dengan pengguna sistem, Peminjaman Buku di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Probolinggo yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan pengelolaan sidang yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI.39/18 Wis s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Peminjaman Buku di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Probolinggo
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ZAHROTUS SAKINAH WISUDAWATI, 151511513033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Puspitasari, Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Jan 2019 07:26
Last Modified: 22 Jan 2019 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item